Satgas Tinombala Tangkap Dua DPO Teroris Poso – Timor Express

Timor Express

KRIMINAL

Satgas Tinombala Tangkap Dua DPO Teroris Poso

ILUSTRASI/NET

POSO, TIMEX-Satuan tugas operasi Tinombala 2016 berhasil menangkap dan mengamankan hidup-hidup dua orang tak di kenal (OTK) yang diduga kelompok Santoso, Jumat (15/4). Lokasi penangkapan berada di wilayah perkampungan penduduk di Desa Padanglembabara Kecamatan Poso Pesisir Selatan. Sumber menyebutkan, OTK yang diamankan Tim Bravo 6 Satgas Tinombala wilayah Poso Pesisir Selatan (PPS) ini adalah Ibadurohman alias Ibad alias Amru warga asal Bima/NTB dan Muhammad Sulaeman alias Sul alias Irfan warga asal pulau Jawa, dua orang yang telah ditetapkan polisi menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) kasus terorisme Poso. “Ditangkap sekitar jam 11:30 siang menjelang salat Jumat. Keduanya ditangkap saat berkeliaran di perkampungan warga,”sebut sumber terpercaya kepada wartawan.

Diceritakannya, dua OTK yang diduga sebagai Ibad dan Muhamad ini ditangkap karena informasi warga. Dimana pada sekitar jam 10:30 wita, warga kampung Baru Desa Padanglembara melihat dua orang yang tak dikenal muncul dan lalu-lalang di wilayah desanya. Karena curiga sekaligus khawatir, maka warga melaporkan dua OTK yang dilihatnya ke pos pengamanan operasi yang ada di desanya. Dari laporan warga, tim intel satgas kemudian mendatangi kedua OTK. Tim intel lalu bertanya asal kedatangan OTK. “Ditanya dari mana asalnya, salah satu OTK menjawab dari Sumatera (Medan) sambil menanyakan alamat rumah Bapak Badri (warga Pantangolemba). Tapi anggota intel satgas curiga dan tidak percaya, karena logat bicara OTK tersebut menggunakan dialek Madura.  Saat hendak ditangkap, keduanya melakukan upaya perlawanan. Tapi akhirnya kedua OTK itu berhasil ditangkap dan diamankan ke Mapolres Poso,”urai sumber itu. Dari penangkapan terhadap kedua OTK tersebut, polisi menemukan barang bukti bahan peledak, berupa satu buah bom lontong.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sulteng, AKBP Hari SP membenarkan telah ditangkap serta diamankan dua orang OTK oleh tim Satgas operasi Tinombala 2016 wilayah Poso Pesisir Selatan, tepatnya di desa Padanglembara. Hari enggan menyebut identitas dan kronologis penangkapan. Dia hanya membenarkan ada upaya perlawanan OTK saat hendak ditangkap tim satgas.

Pantauan Radar Sulteng, dua OTK yang ditangkap tim satgas telah dibawa keluar Mapolres Poso dengan menggunakan dua unit mobil Toyota Avanza. Dua OTK dibawa terpisah dengan mobil berbeda dan dalam pengawalan sejumlah aparat berbaju preman dengan senjata lengkap. Saat digelandang dari ruangan pos pemeriksaan menuju ke dalam mobil, tampak masing-masing OTK tangannya diborgol ke belakang, dengan kaki dirantai dan mata ditutup lakban. Menurut informasi, kedua OTK dibawa ke Mako Brimob Moengko untuk menjalani pemeriksaan lanjut. (bud/jpnn/boy)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!