DPD RI Terima Dokumen Calon Kabupaten MBD – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

DPD RI Terima Dokumen Calon Kabupaten MBD

TUNJUKKAN. Ketua Komite I DPD RI, Muqowam dan anggota DPD RI, Adrianus Garu menerima dokumen pemekaran yang diajukan Pemkab Manggarai Barat, Rabu (27/4).(FERDY TALOK/TIMEX))

JAKARTA, TIMEX-Harapan dibentuknya calon Kabupaten Manggarai Barat Daya (MBD), yang dimekarkan dari Kabupaten Manggarai, bakal terwujud. Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD) RI akan memroses pemekaran kabupaten Manggarai Barat Daya. DPD RI akan memasukkan usulan pemekaran calon DOB itu bersama usulan pemekaran daerah lain yang sudah masuk lewat DPD.

“Kami akan proses lebih lanjut calon Kabupaten Manggarai Barat Daya. Akan menjadi satu-kesatuan yang dibahas DPD nantinya,”kata Ketua Komite I, Akhmad Muqowam usai menerima dokumen pemekaran MBD di kantor DPD RI, Jakarta, Rabu (27/4).

Muqowam didampingi anggota DPD dari Provinsi NTT, Adrianus Garu mengemukakan, pihaknya akan menerima usulan dari daerah. Nanti akan diproses lebih lanjut di DPD, dan kemudian membahas bersama pemerintah dan DPR RI.

Muqowam menjelaskan saat ini, DPD telah menerima 156 usulan DOB. Dari jumlah tersebut, ada 12 usulan menjadi provinsi baru, 121 usulan pemekaran kabupaten dan 23 usulan pemekaran kota. Dari NTT, ada 8 usulan pemekaran kabupaten dan 1 usulan pemekaran kota. “Kami punya kewenangan yang sama dengan DPR dan pemerintah terkait usulan yang ada. Perintah UU mengatakan harus dibahas tiga pihak. Jika salah satunya tidak dilibatkan maka tidak bisa berjalan,”tutur mantan Ketua Komisi IV DPR ini.

Sementara Adrianus Garu dalam keterangannya mengatakan, pihaknya berterima kasih karena Pemkab Manggarai Barat proaktif memekarkan MBD.

Utusan Bagian Tata Pemerintahan (Tatapem) Kabupaten Manggarai Barat, Soewardi mengemukakan, dokumen yang diajukan sudah ditandatangani Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch. Dula. Selain ke DPD, paparnya, dokumen yang sama disampaikan ke pimpinan Komisi II DPR. (lok/fmc/boy)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!