Sakit, Aloysius Talan Dikembalikan ke Keluarga – Timor Express

Timor Express

KRIMINAL

Sakit, Aloysius Talan Dikembalikan ke Keluarga

PULANGKAN TERSANGKA. Asisten Tipidum Kejati NTT, Budi Handaka dan staf saat memantau pemulangan tersangka Aloysius Talan oleh tim penyidik Polda NTT pimpinan AKBP Albert Neno di Kantor Kejati NTT, Kamis (28/4). (OBED GERIMU/TIMEX)
  • Dugaan Pembunuhan Paulus Usnaat

KUPANG, TIMEX – Aloysius Talan, salah satu tersangka kasus dugaan pembunuhan Paulus Usnaat di sel Mapolsek Numpene, Polres TTU, terpaksa dikembalikan ke keluarganya karena sakit.

Pengembalian dilakukan tim penyidik Polda NTT, setelah dokter pada RSUD Prof. dr. W.Z. Yohannes Kupang menyatakan Aloysius harus menjalani perawatan medis secara intensif.

Terpantau di Kantor Kejati NTT, Kamis (28/4), tim penyidik Polda NTT membawa Aloysius untuk proses pelimpahan tersangka dan barang bukti (Tahap II).

Namun dalam pemeriksaan singkat oleh jaksa pemeriksa berkas Bidang Tipidum, Bayu Sugiri, diketahui tersangka dalam kondisi sakit stroke dan tidak bisa berbicara secara normal.

Padahal surat hasil pemeriksaan kesehatan tersangka oleh dokter Rumah Sakit Bhayangkara (RSB) Kupang menyatakan tersangka bisa ditahan.

Memastikan lagi kondisi kesehatan tersangka, pihak Kejati NTT membawa tersangka ke RSUD Prof. dr. W.Z. Yohannes Kupang dan hasil pemeriksaan dokter menyatakan tersangka sakit.

Menindaklanjuti petunjuk pihak Kejati NTT, tim penyidik Polda NTT yang dipimpin AKBP Albert Neno langsung memulangkan tersangka ke keluarganya di Kabupaten TTU menggunakan sebuah mobil Avanza warna merah marun.

Asisten Bidang Tipidum Kejati NTT, Budi Handaka yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, mengatakan tim penyidik Polda NTT hendak melakukan Tahap II pasca berkas perkara ditetapkan lengkap (P-21), namun kondisi kesehatan tersangka tidak memungkinkan untuk ditahan di Rutan.

“Kita minta penyidik kembalikan tersangka ke keluarganya untuk pengobatan. Tahap dua perkara ini akan dilakukan setelah tersangka sembuh,” jelas mantan Kajari Magetan itu.

Terpisah, Kabid Humas Polda NTT, Jules Abast, yang dikonfirmasi mengatakan tim penyidik akan terus memantau kondisi kesehatan tersangka. “Kalau tersangka sudah sembuh segera kita tahap dua ke jaksa,” sebut Jules.

Tim penyidik, lanjut Jules, juga terus melengkapi berkas tersangka Agustinus Talan.

“Berkas Agus Talan masih dilengkapi sesuai petunjuk jaksa. Kalau pun nanti dikembalikan lagi karena belum lengkap, pasti kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk melengkapinya. Kita akan penuhi semua petunjuk jaksa. Biar cepat P-21 seperti tiga tersangka lain,” kata mantan Kapolres Manggarai Barat itu.

Sebelumnya, penyidik Polda NTT telah melimpahkan berkas perkara tersangka Emanuel Talan dan Baltasar Talan, dan telah disidangkan dan divonis bersalah oleh majelis hakim PN Kefamenanu. (joo)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!