SMAN 3 Kupang Sabet 10 Juara – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

SMAN 3 Kupang Sabet 10 Juara

PERSEMBAHAN UNTUK SEKOLAH. Kepala Sekolah SMAN 3 Kupang, Dra. Selfiana Dethan dan Wakasek Bidang Humas Vitalis Jehaman foto bersama siswa peraih prestasi di depan piala, Senin (10/10).

KRISTO EMBU/TIMEX

Selama Juli-September 2016

KUPANG, TIMEX-SMAN 3 Kupang pantas mendapat status sekolah favorit. Gal itu setidaknya dilihat dari prestasi yang diukir para siswanya dalam empat bulan terakhir. Para siswa meraih juara untuk 10 jenis perlombaan. Baik tingkat Kota Kupang, provinsi dan pusat.

Senin (10/10), Kepala Sekolah SMAN 3 Kupang, Dra. Selfiana Dethan mengumpulkan semua siswa peraih prestasi tersebut di ruang kerjanya. Didampingi Wakasek Humas, Vitalis Jehaman, Kepsek Selfiana memberi apresiasi atas keberhasilan yang diraih tersebut. Dirinya terus memberi motivasi kepada anak-anak didiknya untuk terus mengembangkan kemampuan yang dimiliki. “Prinsipnya sekolah selalu mendukung kegiatan pengembangan minat, bakat dan terutama peningkatan kemampuan akademik,” kata Selfiana.

Dia mengatakan, setiap ada perlombaan yang melibatkan siswa SMA atau umum, dirinya selalu mendorong anak didiknya untuk ikut. “Sekolah memberikan dorongan penuh. Kami akan memberikan latihan untuk persiapan mereka. Juga dukungan dalam bentuk finansial berupa pendaftaran dan lainnya selama latihan hingga pelaksanaan lomba itu sendiri,” ujar Selfiana.

Kepala sekolah yang dikenal dekat dengan anak didiknya itu mengatakan, setiap ada kesempatan lomba pihak sekolah selalu mengikutsertakan siswanya. Bahkan untuk tingkat nasional pun, pihak sekolah mengalokasikan dana. Seperti olimpiade Matematika yang diikuti seorang siswanya di Universitas Brawijaya, Marlin Bunga Koreh. Pihak sekolah dan penyelenggara menanggung bersama dana untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Intinya, setiap ada perlombaan sekolah akan mendaftarkan siswanya. Setelah itu mereka akan dididik khusus sehingga bisa meraih prestasi. Baik perlombaan di bidang akademik maupun non akademik atau ekstrakurikuler, para siswa selalu disiapkan khusus.

Karena itu tak heran jika setiap kali perlombaan, siswa SMAN 3 Kupang selalu meraih prestasi. Hal ini diakui sendiri oleh Kepsek SMAN 3 Kupang, Dra. Selfiana Dethan. “Bisa dilihat sendiri koleksi piala dan piagam penghargaan yang kami miliki,” kata Selfiana sambil menunjuk ke arah lemari tempat penyimnana piala dan piagam. Tampak jejeran piala dan piagam yang memenuhi sudut ruangan kepala sekolah. Bahkan ada yang tingginya hampir sama tinggi orang dewasa.

Senin kemarin, Kepsek Selfiana dan Wakasek Vitalis meminta siswa untuk memperlihatkan piala yang mereka peroleh. Piala-piala itu tampak berjejer di meja. Jumlahnya lebih dari 10 piala karena ada perlombaan tertentu dimana SMAN 3 Kupang tidak hanya meraih juara satu tetapi juga juara tiga dan empat.

Prestasi yang diraih siswa SMAN 3 Kupang itu antara lain Juara satu, tiga dan empat cerdas cermat matematika se-daratan Timor yang diselenggarakan FKIP Undana. Selain itu, juara satu kontes Fisika dilaksanakan oleh Undana bulan Juli 2016. Lalu juara satu dan tiga lomba narasi dan orasi bulan Agustus 2016 tingkat Kota Kupang. Setelah itu juara satu dan empat tingkat Kota Kupang serta juara tiga tingkat provinsi lomba pidato peningkatan kinerja perpustakaan.

Prestasi lainnya adalah juara harapan tiga duta baca tingkat provinsi di Perpustakaan Dareah NTT. Lalu juara satu putra dan juara satu dan dua putri lomba rascal competition tingkat SMA se-NTT oleh club rascal. Juara satu dan empat lomba Nasyid tingkat SMA se-Kota Kupang. Juga juara tiga Fahmil Qur’an. Juara satu dan tiga story telling. Juga juara satu fashion show dan harapan satu kaligrafi.

Prestasi membanggakan lainnya adalah juara satu lomba paduan suara antara SMA se-Kota Kupang dan sekitarnya pada HUT ke-71 TNI bulan Oktober 2016. Ternyata Paduan Suara Chalista yangd dipimpin Apolonaris Tukan ini sering meraih juara. Seperti yang disampaikan anggota paduan suara, Dody Tukan bahwa tidak hanya meraih prestasi di Kota Kupang dan NTT, melainkan sampai di tingkat nasional. Seperti yang ditunjukkan seorang siswanya, Sonya Watu yang terpilih sebagai anggota paduan suara saat HUT Kemerdekaan RI bulan Agustus 2016. Yang lebih membanggakan, dari empat orang utusan NTT, hanya dirinya yang siswa SMA. Tiga orang lainnya adalah mahasiswa.

Sementara itu, Erlangga Rohi yang meraih juara satu bersama dua rekan lainnya untuk cerdas cermat Matematika mengatakan, prestasi yang mereka peroleh itu berkat dukungan dari sekolah. “Dukungan dari sekolah sangat besar. Mulai dari pendaftaran, persiapan di sekolah hingga pelaksanaan. Sekolah sangat memberi perhatian. Sehingga tiga tim SMAN 3 Kupang berhasil meraih juara yakni juara satu, tiga dan empat,” kata Erlangga seraya menambahkan lawan tangguh waktu itu adalah SMA Giovanni Kupang. (ito)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!