Budayakan Cuci Tangan Secara Baik dan Benar – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Budayakan Cuci Tangan Secara Baik dan Benar

CUCI TANGAN MASSAL. Wali Kota Kupang, Jonas Salean memimpin kampanye cuci tangan dengan baik dan benar di RSU S.K. Lerik, Sabtu (15/10).

IMRAN LIARIAN/TIMEX

Pesan Wali Kota saat Sosialisasi Cuci Tangan

KUPANG, TIMEX-Pemerintah Kota Kupang melalui RSU S.K. Lerik melakukan sosialisasi kampanye hidup sehat dengan kegiatan mencuci tangan. Kegiatan yang digelar di RSU S.K. Lerik, Sabtu (15/10) ini dibuka Wali Kota Kupang, Jonas Salean.

Kampanye cuci tangan itu diikuti aparatur pemerintah Kota Kupang, guru-guru serta para siswa SD Pasir Panjang.

Wali Kota Kupang saat memberi sambutan mengatakan, permasalahan cuci tangan bukan hanya penting untuk anak SD saja, melainkan penting juga dilakukan orang dewasa. “Orang dewasa kadang-kadang juga ceroboh. Ketika hendak makan tidak lagi mencuci tangan, padahal baru selesai lakukan pembersihan,” ungkapnya.

Jonas menjelaskan, kegiatan cuci tangan yang dilaksanakan ini dalam rangka menjalankan program nasional yakni hari cuci tangan sedunia.

“Dari hari ke hari harus kita tingkatkan untuk hidup sehat. Ini agar dapat terhindar dari berbagai penyakit. Marilah kita sama-sama terus menjalankan budaya cuci tangan secara baik dan benar,” ajak Jonas.

Direktur RSUD. S.K Lerik, dr. Marsiana Y. Halek, mengatakan, kegiatan cuci tangan ini sebenarnya bertujuan untuk mensosialisasikan cuci tangan secara baik dan benar. Pelaksanaan ini sebenarnya sudah lama dilakukan, namun karena belum berbudaya pada kehidupan sehari-hari, oleh karena itu, dengan adanya kegiatan ini, pemerintah mensosialisasikan kembali agar budaya cuci tangan ini dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Terutama sejak dini, seperti kita lihat bahwa ada sahabat-sahabat kita yang telah hadir dalam kegiatan cuci tangan. Kegiatan ini memang kelihatan sepele namun memiliki dampak yang sangat besar dalam menjalani kehidupan,” ujar dr. Marsiana.

Ia menambahkan, dengan mencuci tangan secara baik dan benar, maka dapat mencegah berbagai penyakit infeksi, seperti diare, cacingan maupun penyakit infeksi lainnya.

“Khusus untuk para pelayan kesehatan, sangat penting untuk mencuci tangan secara baik, sehingga dapat mencegah berbagai penyakit virus,” katanya. “Besar harapan kami kepada semua yang hadir dapat menjadi agen perubahan, dimana untuk mensosialisasikan cara cuci tangan secara baik dan benar kepada masyarakat di luar sana,” harap dr. Marsiana. (mg22/aln)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!