Cerdaskan Anak Bangsa dengan Membaca – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Cerdaskan Anak Bangsa dengan Membaca

POSE BERSAMA. Tampak anak-anak dan masyarakat berpose bersama pada saat peresmian rumah baca Lentera Menekat di kediaman Jonri Lomi Ga, didampingi istrinya Sulche Lomi Ga Nafi, Sabtu (15/10).

IMRAN LIARIAN/TIMEX

Rumah Baca Lentera Manekat Hadir di Kolhua

KOLHUA, TIMEX – Membaca merupakan investasi pengetahuan masa depan. Menyadari pentingnya membaca, keluarga yang satu ini mendirikan rumah baca bernama Lentera Manekat di kediaman mereka di Kelurahan Kolhua tepatnya di RT 35/RW 12.

Pemilik rumah baca, Sulche Lomi Ga Nafi kepada Timor Express Sabtu (15/10) mengatakan motivasi untuk menghadirkan buku-buku di rumahnya adalah untuk menarik minat baca anak-anak. Menurutnya anak-anak merupakan generasi yang akan membangun bangsa ini ke depan, sehingga harus ada upaya untuk mencerdaskan anak-anak ini. Cara mencerdaskannya adalah dengan membaca.

Ia didukung dengan program IPTEK bagi masyarakat dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang bekerjasama dengan Politeknik Negeri Kupang. Dua lembaga ini membantu sejumlah buku sehingga dibukalah Rumah Baca Lentera Manekat. “Dengan adanya rumah baca di rumah saya ini dapat menarik minat baca dari anak-anak. Karena berbagai macam buku tersedia, mulai dari komik yang mana sambil bercerita tetapi ada unsur pelajaran di dalamnya. Selain itu ada dongeng untuk anak-anak sehingga mereka tidak merasa jenuh, melainkan mereka semakin semangat serta senang untuk membaca buku,” ujar Sulche.

Buku-buku yang ada di rumah baca ini 80 persen dibawa dari Jawa. Sisanya didapat dari toko buku yang ada di Kota Kupang. Menurutnya, sejauh ini masyarakat merespon dengan baik. Animo masyarakat sangat tinggi. Dengan adanya rumah baca, anak-anak yang berada di kompleks blok FG II menjadi lebih mudah untuk membaca buku. “Saya bersama suami Jonri Lomi Ga, beraktifitas sehari-hari di Politeknik Negeri Kupang sebagai dosen. Dengan kesibukan kami berdua sehingga rumah baca ini kami serahkan kepada masyarakat untuk memperhatikan dan mengelola rumah baca ini. Dimana rumah baca ini dibuka pada pagi hari dan sore hari,” sebut Sulche.

Menurutnya, dengan adanya rumah baca, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Kupang mengundang para kelompok rumah baca pada acara Kampung Literasi yang dihadiri oleh Menteri Pendidikan pada tanggal 21 Oktober mendatang. (mg22/sam)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!