Defisit Pemerintah Pusat, Pemkab Batal Suntik Dana – Timor Express

Timor Express

SUROSA

Defisit Pemerintah Pusat, Pemkab Batal Suntik Dana

MODAL USAHA. Bupati Sumba Timur, Gidion Mbilijora menyerahkan bantuan modal usaha dari PT Askes (BPJS) kepada pengusaha kecil.

DJUNAIDI GARIB/TIMEX

Di Bank NTT, PDAM dan PT Algae

WAINGAPU, TIMEX – Defisit anggaran yang dialami pemerintah pusat dengan menarik sejumlah dana dari daerah juga terjadi di Kabupaten Sumba Timur.

Kesepakatan pemerintah dan DPRD Sumba Timur yang awalnya ingin menyuntik dana di Bank NTT Cabang Waingapu sebesar Rp 15 miliar sebagai penyertaan modal di tahun anggaran 2017 terpaksa harus dibatalkan. Pembatalan serupa juga terjadi pada PDAM Matawai Amahu sebesar Rp 3,5 miliar dan PT Algae Sumba Timur Lestari sebesar Rp 3,5 miliar.

“Memang awalnya kita sudah sepakat antara pemerintah dan DPRD untuk menyuntik dana segar pada Bank NTT Cabang Waingapu sebagai bentuk penyertaan modal tambahan, juga kepada PDAM Matawai Amahu dan PT Algae Sumba Timur Lestari, tapi karena adanya defisit anggaran oleh pemerintah pusat yang menarik kembali sejumlah dana dari Sumba Timur yang sebenarnya sudah dialokasikan, maka kesepakatan itu terpaksa harus kita batalkan untuk APBD tahun anggaran 2017 nanti,” kata Ketua Komisi B DPRD Sumba Timur, Dominggus Kahewamarak kepada Timor Express di Waingapu, Jumat (14/10).

Tepisah, Kadis Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PKKAD) Sumba Timur, Umbu Namupraing Wohangara membenarkan pembatalan penyertaan modal di Bank NTT Cabang Waingapu, PDAM Matawai Amahu dan PT Algae Sumba Timur Lestari sebesar Rp 22 miliar untuk tahun anggaran 2017. Untuk dana yang dipotong pemerintah pusat demikian Umbu, merupakan dana bagi hasil pajak dan bukan pajak. “DAK reguler dipotong, sedangkan DAU Rp 46 miliar ditunda,” tandasnya.

Ditanya jumlah dan anggaran pengadaan mobil dinas Pemkab dan DPRD Sumba Timur di tahun 2017, Umbu mengaku tidak menghafalnya. “Maaf saya tidak hafal nanti bisa hubungi ibu Erna (Erna Al Djufrie, Sekretaris DPRD Sumba Timur, red),” pungkas Umbu. (jun/ays)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!