Kota Kupang Juara Umum Porseni – Timor Express

Timor Express

SPORTIVO

Kota Kupang Juara Umum Porseni

FOTO BERSAMA. wagub NTT Beny Litelnoni didampingi Sekda NTT Fran Salem dan pimpinan SKPD, foto bersama atlet Korpri Kota Kupang usai menyerahkan piala bergilir di alun-alun rumah jabatan Gubernur, Minggu kemarin.

RUDY MANDALLING/TIMEX

KUPANG,TIMEX – Korpri Kota Kupang memastikan diri tampil sebagai juara umum Porseni Korpri NTT ke-III 2016, yang berakhir, Minggu (16/10) kemarin dan ditutup secara resmi oleh Wagub NTT Beny Litelnoni di alun-alun rumag jabatan gubernur.

Kota Kupang setelah tampil sebagai pengumpul medali terbanyak dengan 3 emas 2 perak dan 3 perunggu, mengalahkan juara bertahan Kopri Prov. NTT NTT yang kali ini turun ke peringkat keempat dengan menoleksi 1 emas dan 6 perak.

Juara umum kedua ditempati kontingen Kab. Kupang yang mengumpulkan 2 emas dan 1 perunggu. Sedangkan posisi 3 besar ditempati Kab. Sumba Timur yang mengumpulkan 2 medali emas. (lihat Grafis).

Keberhasilan Kota Kupang merebut juara umum tidak terlepas dari penampilan para atlet tenis lapangannya yang sukses menyabet dua medali emas dari nomor beregu putri. Perak nomor ini diambil Prov NTT dan perunggu oleh Kab. Alor.

Kota Juga menyabet emas dari nomor perorangan ganda putri atas nama Mery Daly dan Yohana Kase, Medali perak diraih pasangan ganda Prov NTT Astrid Bale dan Sonya Roja Sedangkan perunggu diraih pasangan Susi Odja dan Desi Kinanggi dari Kab. Alor. Medali emas ketiga Kota Kupang diraih dari cabang olahraga tenis meja nomor ganda putra. Perak diraih Kab. Rote Ndao dan perunggu Kab. TTS.

Kab. Kupang sebagai Juara umum kedua menyabet medali emas dari cabang tenis meja tunggal putri atas nama Marlis Logo. serta tenis lapangan beregu putra. Perak nomor ini diraih Kab. Kupang setelah mengalahkan Kota Kupang 2-1. Perunggu diraih oleh Kab. Ende.

Sementara itu, Kab. Sumba Timur yang tampil sebagai juara umum kedua menyabet dua medalki emas dari tenisn meja nomor tunggal putra atas nama Ahmad Sikam Perak diraih Yosfin M. Mangare dari Rote Ndao dan perunggu oleh Emanuel E. Baba dari Ngada.

Satu emas lainnya diraih dari nomor ganda putri. Perak diraih Kontingen Prov. NTT dan Perunggu diraih Kab. Kupang.

sementara itu, Kontingen Prov NTT yang merupakan juara bertahan, dalam porseni kali ini hanya berhasil menyabet 1 emad dari catur cepat atas nama Jhon da Costa. Perak oleh Melky Olang dari Kota Kupang dan Jefry Penna menyabet perunggu.

Di cabang futsal, Kab. Alor menyabet medali emas usai menundukkan prov NTT di final dengan skor 6-5. Tim Futsal prov NTT harus puas meraih perak dan perunggu diraih oleh Kota Kupang.

Di cabang bola voli putra, Sumba Barat Daya tampil sebagai juara usai menundukkan TTS 3-2. TTS harus puat meraih perak dan perunggu diraih Kab. Lembata.
Sedangkan dibagian putri, TTS menyabet medali emas usai mengalahkan Kab. Alor di final dengan skor 3-2. Alor harus puas menyabet perak dan perunggu Kab. Manggarai Timur.

Di nomor catur standar putra, Joseph They dari Ka. Flotim meraih medali emas. Perak diraih Hans lao dari prov NTT dan Richard Therik dari kab. Rote Ndao menyabet perunggu.

Sedangkan di untuk semni yang melombakan Jai kreasi, Kab. Ende menyabet emas, perak oleh Kab. Alor dan perunggu oleh Kota Kupang.

Wagub NTT Beny Litelnoni dalam sambutannya ketika menutup Porseni tersebut, mengatakan, Porseni ini merupakan ajang bertemu sekaligu adu prestasi diantasa sesama anggota Korpri. Jika menggunakan standar kata Wagub, tidak ada standar yang bisa digunakan, karena semua yang mengikuti Porseni ini tidak ada yang memenuhi standar.
“Namun, bagaimana semangat untuk kumpul bersama sekaligu untuk mengekspresikan diri dalam olahraga, itu yang utama.” katanya.

“Jiwa korsa dalam Korpri harus menggelora, dan berjuang bukan harus capai presatsi, tetapi untuk pupuk persaudaraan, sehat lahir dan batin,” ingatnya.

Kepada seluruh pengurus Korpri Kabupaten/Kota yang telah mengutus anggotanya untuk ikut berlomba wagub menyampaikan limpah terima kasih atas dukungan yang diberikan.
“Walau pulang hanya dapat satu medali, tidak apa-apa, dan itu sekaligus sebagai bahan evaluasi untuk meraih pretasi lebih baik kedepan,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub juga mengusulkan agar dalam pelaksanaan tahun depan dimasukkan juga cabang olahraga atletik.

“Cukup jarak dengan seperti 400 meter. Tapi jangan 100 meter,” ungkapnya.

Wagub dalam kesempatan tersebut, juga mengakui jika telah mendengar banyak kekecewaan dan ketidak puasan.
“Yang jelek tinggalkan disini. dan akan kita evaluasi sehingga di tahun mendatang dapat dilaksanakan dengan lebih baik,” tutupnya.

Sementara itu Sekretaris Korpri NTT yang juga menjabat sebagai ketua Panitia Porseni, Djama; Ahmad kepada koran ini mengatakan bahwa para juara Porseni ini tidak otomatif akan menjadi wakil NTT ke tiungkat nasional tahun depan, tetapi masih akan ada seleksi lanjutan, sehingga yang terbaiklah yang akan menjadi wakil Korpri NTT.

Djamal juga mengungkapkan bahwa Porseni kali ini mampu menghasilkan juara yang merata di setiap cabang olahraga yang dipertandingkan.
“Ini membuktika, panitia cukup
mengapresiasi protes yang dilayangkan peserta datri Kab/Kota dan diselesaikan secara terbuka.” terangnya.

Ditambahkanya, Untuk pelaksanaan Porseni Korpri ke-IV tahun 2018 nanti, pelaksanaanya tidak lagi dilangsungkan di Kota Kupang, tetapi akan digelar di Labuan Bajo. (rum)

Perolehan Medali Porseni 2016

Kota Kupang 3 2 3
Kab. Kupang 2 – 1
Kab. Sumba Timur 2 – –
Provinsi NTT 1 6 1
Kab. Alor 1 2 3
Kab. TTS 1 1 1
Kab. Ende 1 – 1
Kab. Flotim 1 – –
Kab. SBD 1 – –
Kab. Matim – – 1
Kab. Ngada – – 1
Kab. Lembata – – 1



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!