Mobil DPRD TTS untuk Muat Keluarga dan Angkut Air – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

Mobil DPRD TTS untuk Muat Keluarga dan Angkut Air

MOBIL DINAS. Inilah mobil dinas yang dibeli untuk keperluan Komisi dan Fraksi di DPRD TTS. Namun sayang, ada sejumlah oknum yang lebih cenderung memfungsikannya untuk keperluan pribadi.

YOPI TAPENU/TIMEX

SOE, TIMEX-Ada saja ceritra dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Anggaran bernilai miliaran dikucurkan untuk membeli mobil dinas, guna memfasilitasi Fraksi dan Komisi di DPRD TTS, justru terkesan disalahgunakan. Salah satu anggota DPRD TTS, Weli Mella, di kantor DPRD TTS pekan kemarin memberi pengakuan menarik. Bagaimana tidak, mobil dinas yang diberikan pemerintah kepada Komisi guna memperlancar tugas dan fungsi anggota Komisi, ternyata difungsikan untuk keperluan oknum anggota DPRD. Fakta yang ia ketahui, sejumlah mobil di Komisi justru digunakan untuk kepentingan keluarga anggota DPRD. Baginya, tidak salah jika pemerintah memfasilitasi Komisi dengan mobil. Yakni untuk membantu kegiatan Komisi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. “Ada ketua Komisi yang pegang mobil, tapi datang kantor pakai mobil lain atau minta diantar dan dijemput. Sedangkan mobil yang dipegangnya justru dipakai untuk urusan keluarga di kampung-kampung,”ujar Weli.

Wakil Ketua DPRD TTS, Imanuel Olin pun ikut membenarkan fakta itu. Dia mengatakan, sebelum mendapatkan pengaduan dari anggota Komisi II DPRD TTS, Weli Mella, dia sudah mendapatkan laporan dari masyarakat, jika mobil-mobil Komisi kerap disalahgunakan. Meski demikian, ia tidak memiliki bukti untuk mempersoalkan Komisi yang menyalahgunakan mobil dinas tersebut. Namun karena terus diadukan oleh berbagai komponen, maka dia mengaku gerah, dan akhirnya memilih untuk menyikapi persoalan itu secara serius.

“Saya dapat laporan, katanya ada yang pakai mobil operasional Komisi untuk muat air. Tapi saya tidak punya bukti supaya tegur Komisi mana yang pegang mobil,”katanya. Bertolak dari kasus itu, langkah pertama yang dilakukan dalam rangka penertiban mobil-mobil operasional di DPRD adalah, mendesak sekretariat DPRD untuk segera membangun parkir di kantor DPRD. Kedepan, semua mobil operasional DPRD dikumpulkan di kantor DPRD.

“Bagi anggota yang hendak menggunakan mobil untuk tugas dan fungsi DPRD, baru mengambil mobil itu, dengan cara menghubungi sekretariat yang mengurusi kendaraan-kendaraan dinas di DPRD TTS,”ungkapnya. Dengan demikian, maka penggunaan mobil dinas DPRD akan teratur dan sesuai fungsinya.

“Sekarang mobil itu berpindah antar anggota saja, sekretariat tidak pernah tau mobil plat sekian di anggota siapa. Karena penggunaan mobil sesuka hati saja. Anggota satu pakai selesai, kasi pindah lagi ke anggota yang lain. Untung saja tidak terjadi apa-apa, tapi kalau terjadi sesuatu, sekretariat DPRD tidak tau siapa yang pegang mobil,”pungkasnya.
Informasi yang diperoleh koran ini, menyebutkan bahwa ada delapan unit mobil jenis Panther yang dibeli menggunakan APBD TTS Tahun Anggaran 2015. Empat unit diserahkan ke ketua komisi, sedangkan empat lainnya untuk empat ketua fraksi. Sejauh ini, Fraksi Demokrat memilih untuk mengembalikan mobil operasional mereka, sedangkan lainnya belum. (yop/boy)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!