PLN Jamin Stok Desember Aman – Timor Express

Timor Express

EKONOMI BISNIS

PLN Jamin Stok Desember Aman

SIAGA.Kadiv K3L PLN Helmi Najamuddin didampingi GM PLN Wilayah NTT Richard Safkaur dan jajaran saat memantau PLU Bolok dari pelabuhan batu bara di Kupang Barat, Senin (17/10).

CARLENS BISING/TIMEX

Richard: Persiapan Tahun ini Beda

KUPANG, TIMEX-Pasokan listrik di bulan Desember terutama saat menyambut hari raya Natal dan tahun baru bakal terjamin. PT.PLN (persero) Wilayah NTT menjamin, persiapan menuju Desember sudah sangat maksimal, kecuali terjadi gangguan di luar kemampuan manusia.

General Manager (GM) PLN Wilayah NTT Richard Safkaur jelaskan, saat ini daya yang dimiliki masih lebih dari cukup, bahkan hingga Desember tidak ada masalah. “Kalau Desember tidak ada kenaikan beban yang tinggi, relatif pasokan cukup,” kata Richard saat mendampingi Kadiv K3L PLN Helmi Najamuddin memantau PLTU Bolok, Kupang Barat, Senin (17/10).

Selain stok daya yang sudah tersedia, PLN juga sedang menunggu pasokan daya dari satu PLTU yang sedang dibangun pihak ketiga di samping PLTU Bolok. Sesuai kontrak dengan PLN, PLTU dengan kapasitas 30 Mega Watt itu beroperasi 2 Desember 2016.

“Kami sudah tegaskan 2 Desember harus sudah peroperasi, paling tidak satu unit (15 MW). Sehingga, bisa untuk memperkuat sistem Kupang. Kalau tidak selesai 2 Desember, argo denda mulai dihitung,” tandas Richard.

Persiapan lainnya ada pengurusan izin dan infrastruktur pendukung untuk menyambut Kapal Pembangkit Listrik Marine Vessel Power Plant (MVPP) yang berkekuatan daya 60 MW. Kapal tersebut sedang dibangun di Turki dan sesuai kontrak harus tiba di Kupang Desember 2016 nanti. “Informasinya Desember 2016 ini kapal masuk,” sebut dia.

Dengan sejumlah persiapan tersebut, Richard yang didampingi Manajer Area Kupang, Maria Goreti Gunawan kembali tegaskan, secara kesiapan sudah jelas. Namun dia tetap mengantisipasi adanya gangguan di luar persiapan.

Tetapi secara perkuatan pasokan, tahun ini beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Misalnya dari kesiapan kami (tahun lalu) tidak bisa dijamin karena harapan tumpuan hanya satu PLTU. Jadi ketika ada gangguan, kita masuk ke sistem 30 MW itu. Dan, tidak ada cadangan. Sementara tahun ini lebih siap,” imbuhnya.(cel)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!