Riwu Ga Layak Pahlawan Nasional – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Riwu Ga Layak Pahlawan Nasional

DISKUSI. Tokoh asal Sabu, H. Abdulkadir Makarim memimpin diskusi persiapan seminar kepahlawanan Riwu Ga di Graha Pena Timex, Senin (17/10).

STENLY BOYMAU/TIMEX

Siapkan Seminar Kepahlawanan Riwu Ga

KUPANG, TIMEX-Perjuangan agar Riwu Ga memperoleh penghargaan menjadi pahlawan nasional sangat kuat dilakukan sejumlah tokoh di Kota Kupang. Bahkan, apabila tak ada aral yang merintangi, Sabtu (22/10) nanti bakal digelar seminar kepahlawanan Riwu Ga di Grand Mutiara Restaurant Kupang dengan narasumber utama, Peter Apllonius Rohi.

Persiapan untuk menyukseskan seminar tersebut intensif dilakukan sejumlah tokoh dari daerah asal Riwu Ga, Kabupaten Sabu Raijua.

Para tokoh bersama keluarga Riwu Ga yang dikoordinir oleh Abdul Kadir Makarim juga melakukan diskusi terbatas bersama pimpinan Harian Pagi Timor Express (Timex), di Graha Pena, Senin petang (17/10).

Forum yang berlangsung di rupatama lantai 2 Graha Pena Timex itu dihadiri Wakil Direktur Timex, Simon Petrus Nilli dan Pimred Timex, Stanley Boymau.

Abdul Kadir Makarim pada kesempatan itu mengatakan, Riwu Ga tidak pernah bermimpi untuk menjadi pahlawan, juga tidak pernah mengharuskan generasinya untuk memperjuangkannya sebagai pahlawan. Namun kesadaran akan daya juang dan spirit pengorbanannyalah yang menurut Makarim, membawanya menjadi pantas untuk disematkan sebagai pahlawan. Dan menjadi teladan sertaspirit generasi kini dalam mengisi kemerdekaan yang telah diraih.

“Riwu Ga adalah salah satu tokoh muda yang turut berperan dalam sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia,” kata sosok yang juga Ketua MUI NTT ini.

Sosok yang akrab disapa Aba Makarim ini melanjutkan, Riwu Ga merupakan pemuda berkelahiran Sabu Raijua yang memiliki daya juang tinggi terhadap kemerdekaan Indonesia.
“Kobaran semangatnya tidak lepas dari kedekatannya dengan sang proklamator, Soekarno. Percikan semangat itu mulai menghampirinya dari bumi Ende hingga proses panjang bersama sang proklamator,” imbuhnya.

Aba Makarim menambahkan, sebagai generasi yang telah menikmati secara nyata alam kemerdekaan republik ini, pihaknya mengundang semua pihak untuk bersama dalam satu barisan memperjuangkan Riwu Ga sebagai pahlawan nasional. (joo/aln)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!