Tim Pengawas dan Intelijen Turun ke Daerah – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

Tim Pengawas dan Intelijen Turun ke Daerah

JAKARTA, TIMEX-Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menerjunkan tim pengawasan dan intelijen ke sejumlah daerah sebagai antisipasi terjadinya pungutan liar (pungli) di internal Kejaksaan RI. ”Oh iya, tentu. Awal minggu lalu, kita sudah menurunkan tim ke daerah, ketika ada informasi sementara jajaran kejaksaan melakukan praktik penyimpangan,” kata Jaksa Agung HM Prasetyo saat dikonfirmasi wartawan, kemarin.

Menurut dia, upaya mengantisipasi pungli di internal Korps Adhyaksa sebetulnya sudah lama dilakukan. Hanya saja, upaya ini jarang terekspos media. ”Sebetulnya sudah lama kita lakukan hanya tidak kita publikasikan,”ujarnya.

Dia mencontohkan, belum lama ini pihaknya telah menerima laporan terkait dugaan jaksa melakukan pungli dalam penanganan suatu perkara di daerah. Mendapati laporan itu, pihaknya langsung menerjunkan tim intelijen untuk memastikan dugaan pungli tersebut. ”Saya sedang nunggu laporannya. Nanti bagaimana hasilnya kita bisa tentukan sikap dan langkah langkah untuk penanganan informasi yang kita terima,”ucapnya.

Meskipun begitu, mantan Jampidum itu mengklaim selama ini belum pernah menemukan dugaan penyimpangan terkait pungli di internal jajarannya. ”Belum. Tapi kalau kerja pengawasan itu rutin dilakukan dan sudah banyak sekali yang ditindak,”aku Prasetyo.

Untuk mengantisipasi pungli, Prasetyo mengaku telah melakukan pengawasan melekat yang rutin yang dilakukan oleh internal jajarannya itu. ”Saya sudah perintahkan para pimpinan di pusat dan daerah untuk melakukan kegiatan dan kewenangan untuk melakukan pengawasan melekat. Bukan kewenangan, tapi kewajiban melakukan pengawasan melekat,”ujarnya. (ydh/jpnn/boy)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!