Wali Kota Imbau Warga Cek DPT – Timor Express

Timor Express

POLITIK

Wali Kota Imbau Warga Cek DPT

Jonas Salean

Jonas Salean

KUPANG, TIMEX – Memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih, Wali Kota Kupang, Jonas Salean mengimbau seluruh warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih agar mengecek namanya di petugas PPS.

Jonas juga meminta para RT, lurah dan camat agar proaktif mengajak masyarakatnya untuk mengecek apakah sudah didaftarkan sebagai pemilih atau belum. Jika belum didata maka segera mendaftarkan diri di kelurahan.

“Tapi terserah, yang mau golput, ya silakan. Tapi tentu kita harapkan semua harus lapor supaya terdaftar (sebagai pemilih),” kata Jonas, Rabu (12/10) di Kelurahan Oesapa.

Oleh karena itu, ia menambahkan, aparat RT, lurah dan camat harus mengambil peran menyadarkan masyarakat agar bisa mendaftarkan diri sebagai pemilih. Dengan demikian, warga bisa ikut menentukan pemimpin lima tahun ke depan.

Sebelumnya, Juru Bicara KPU Kota Kupang, Daniel B. Ratu mengatakan saat ini PPS sedang melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) terhadap data pemilih yang dimutakhirkan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang menyebar ke TPS-TPS di semua kelurahan.

Setelah didata, PPS akan menyampaikan data itu kepada panitia pemilihan kecamatan (PPK). Kemudian PPK melakukan pengecekan dan selanjutnya menggelar pleno tingkat kecamatan.

Selanjutnya data itu diserahkan lagi ke KPU untuk diteliti kembali. KPU kemudian menggelar pleno dan menetapkan data tersebut menjadi data pemilih sementara (DPS). DPS itu nantinya akan dibawa kembali ke PPS atau kelurahan.

Nantinya, data-data itu ditempel di kantor kelurahan. Setiap warga bisa mengecek namanya apakah sudah terdaftar atau belum. Jika belum maka segera mendaftar di kelurahan dengan membawa dokumen identitas diri. Setelah itu, pada Desember nanti DPS itu akan ditetapkan menjadi data pemilih tetap (DPT). (sam/joo)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!