Krisis Air, DPRD Panggil PDAM Tirta Kelimutu – Timor Express

Timor Express

FLORES RAYA

Krisis Air, DPRD Panggil PDAM Tirta Kelimutu

DENGAR PENDAPAT. DPRD Ende saat menggelar rapat dengar pendapat bersama PDAM Ende, Senin (17/10).

ALEX SEKO/TIMEX

ENDE, TIMEX – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ende mengelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kelimutu Ende. RDP tersebut dilaksanakan, Senin (17/10) di ruang rapat gabungan komisi DPRD Ende.

RDP antara manajemen PDAM Tirta Kelimutu dengan DPRD Ende dikarenakan adanya keluhan dan laporan masyarakat kepada DPRD Ende terkait dengan masalah krisis air yang terjadi hampir sebulan terakhir ini di Kota Ende.

RDP dipimpin Ketua Komisi II DPRD Ende, Moh Orba K Ima yang dihadiri sejumlah anggota DPRD Ende, Direktur PDAM Ende, Sudarsono dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ende, Lewang Fransiskus selaku pengawas PDAM Ende serta para lurah dan camat dalam Kota Ende.

Pada kesempatan itu, anggota DPRD Ende, Philipus Kami mempertanyakan kinerja PDAM Ende yang dinilainya tidak maksimal khususnya dalam pelayanan air kepada masyarakat di Kota Ende.

“Krisis air bersih sudah terjadi hampir selama satu bulan ini. Bukan itu saja dibeberapa titik warga pelanggan tidak kebagian air. Di mana kinerja PDAM,” tanyanya.
Anggota DPRD Ende lainnya, Abdul Kadir H Mosa Basa pada kesempatan itu mempertanyakan soal seberapa besar debit air yang ada di PDAM Ende per hari atau per jam, sehingga bisa mengetahui apakah penyebab kelangkaan air dalam Kota Ende. Apakah dikarenakan debit air di mata air menurun ataukah ada kendala lain, sehingga pelayanan air ke warga tersendat.

Ketua Fraksi PKB DPRD Ende itu mengatakan, Kota Ende semestinya tidak ada krisis air. Karena, pemerintah daerah telah melakukan penyertaan modal ke PADM sebesar Rp 3,5 miliar, namun ia mempertanyakan kenapa air masih langka.

“Pemerintah sudah melakukan penyertaan modal kepada PDAM sebesar Rp 3,5 miliar. Mestinya tidak ada krisis air seperti sekarang ini,” katanya.

Menjawab pertanyaan DPRD Ende, Direktur PDAM Tirta Kelimutu Ende, Sudarsono membenarkan, krisis air di Kota Ende benar adanya. Hal ini katanya disebabkan karena terjadinya penurunan debit air dari tiga sumber mata air yakni Aekipa, Aepana dan air kali Wolowona.

“Benar, kini kita mengalami krisis air bersih. Penyebab krisis air dikarenakan musim kemarau yang berkepanjangan sehingga pasokan air ke 11.600 pelanggan di Kota Ende tersendat,” kata Sudarsono. (kr7/ays)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!