Warga Keluhkan Limbah Pabrik Tempe – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Warga Keluhkan Limbah Pabrik Tempe

PEMBUANGAN LIMBAH. Tampak Ruben Tuka sedang menunjuk lokasi tempat pembuangan limbah yang membuat air di kali menjadi tercemar, Selasa (18/10).

IMRAN LIARIAN/TIMEX

OEPURA, TIMEX – Warga di RT 23/RW 10, Kelurahan Oepura, Kecamatan Maulafa, mengeluhkan pencemaran air. Sumur-sumur warga tercemar karena limbah tempe dan tahu dibuang ke kali.

Limbah ini berasal dari sebuah pabrik tehu dan tempe di wilayah tersebut, warga pun mengeluh.

Warga setempat, Amos Liufeto, kepada Timor Express, Selasa (18/10), mengatakan limbah hasil pembuatan tempe dan tahu tidak dibuang pada bak penampung, tapi langsung dialirkan ke kali. Hal ini menimbulkan aroma tidak sedap. Air yang biasa dipakai oleh warga menjadi tercemar dan mengeluarkan aroma tidak sedap. “Kami mau ambil air di kali dan sumur saat ini tidak bisa karena tercemar dengan air limbah dari pabrik tempe tahu. Baru tambah dengan bau busuk. Kalau mereka sudah buang limbah ke kali, maka kami warga tidak bisa makan lagi karena bau busuk dari air limbah itu,” ujar Amos.

Hal senada dikatakan Ruben Tuka. Menurutnya, hadirnya pabrik tempe dan tahu tersebut, warga tidak bisa mendapatkan air bersih. Apalagi di musim kemarau seperti saat ini. Debit air dari sumur-sumur warga semakin sedikit ditambah dengan tercemar oleh limbah pabrik. Warga setiap hari harus menghirup aroma tak sedap dari limbah tersebut.

Kami bersama warga dan RT telah melakukan pendekatan, namun hasilnya tidak ada. Harapan kami agar Pemerintah dapat mendegar keluhan kami dan segera ambil tindakan kepada pelaku usaha pabrik tempe tahu. Jangan buat kami sengsara terus menerus, karena sejak sekian lama tahun kami sengsara dengan limbah pabrik tahu,” jelas Ruben.

Pantauan Timor Express, terdapat tiga sumur yag berada dibentaran kali menjadi tercemar oleh limbah dari pabrik tempe dan tahu tersebut. (mg22/sam)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!