Motivasi Siswa Menabung Sejak Usia Dini – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Motivasi Siswa Menabung Sejak Usia Dini

GEMAR MENABUNG. Pemimpin Bank Bukopin Cabang Kupang, Achmad Faizal Hasibuan (tiga dari kiri) saat menyerahkan Tabungan Pelajar (Simpel) kepada siswa SDI Naikoten 1 dan 2, Senin (24/10) di halaman SDI Naikoten 2.

KRISTO EMBU/TIMEX

Bank Bukopin Kerja Sama dengan Sekolah

KUPANG, TIMEX-Motivasi menabung harus dipupuk sejak usia dini. Seperti yang dilakukan SDI Naikoten 1 dan SDI Naikoten 2 yang bekerja sama dengan Bank Bukopin. Melalui simpanan pelajar (Simpel) Bank Bukopin, sebanyak 600 siswa di dua sekolah tersebut dididik untuk gemar menabung.

Senin (24/10) pagi, Bank Bukopin memperkenalkan Simpanan Pelajar (Simpel) kepada para siswa. Pemimpin Bank Bukopin Cabang Kupang, Achmad Faizal Hasibuan menjelaskan, produk Simpanan Pelajar ini sesuai dengan program pemerintah. “Bank Bukopin melalui Simpanan Pelajar (Simpel) mengajak adik-adik semua untuk gemar menabung sejak udia SD. Tidak harus banyak menabungnya. Cukup seribu sehari asalkan rutin maka hasilnya adik-adik akan nikmati di kemudian hari,” ujar Faizal memberi motivasi para siswa.

Faizal didampingi tiga stafnya dari relationship banking officer yakni Intan Febriani Ndoen, Mariance Theodoris dan Jaqueline Tibuludji.

Apalagi syaratnya sangat mudah. Hanya dengan Rp 5.000 sudah bisa memiliki kartu dan ATM. Kepada siswa yang sangat antusias itu, Faizal mengajak untuk belajar menabung sejak usia dini. “Dengan menabung adik-adik bisa mencapai cita-cita. Dengan menabung juga adik-adik bisa berbakti untuk orang tua. Cukup menyisihkan seribu rupiah seiap hari,” ajak Faizal.

Faizal juga mengajak para siswa untuk tidak berlaku konsumtif. “Di luar banyak godaan untuk beli barang-barang lain yang tidak penting. Adik-adik harus bisa melawan itu. Belilah barang yang lebih penting misalnya peralatan sekolah,” pesan Faizal lagi.
Kepada koran ini, Faizal mengatakan, Bank Bukopin sangat serius untuk meningkatkan jumlah siswa yang menabung. Saat ini sudah sebanyak 10 sekolah yang menjalin kerja sama dengan Bank Bukopin. “Kita akan terus menambah sekolah dan siswa untuk menabung melalui tabungan pelajar,” katanya.

Kepala Sekolah SDI Naikoten 2, Jublina Taopan, S.Pd memperi apresiasi kepada Bank Bukopin. Apalagi menjadi bank pertama yang melaksanakan program tersebut. “Kami sangat berterima kasih kepada Bank Bukopin atas program kerja sama ini. Sehingga siswa kami ajar untuk menabung dan langsung praktek. Mereka langsung punya buku tabungan dan menabung setiap hari,” kata Jublina.

Dirinya mengharapkan, dengan program tersebut minat anak untuk hidup hemat dan menabung dipupuk sejak usia SD. “Sehingga harapan kita anak-anak akan memiliki jiwa menabung dan hidup hemat sejak usia dini,” katanya.

Sementara itu Kepala Sekolah SDI Naikoten 1, Martha Linda Mbau, S.Pd menambahkan, pihaknya akan terus memberikan sosialisasi pentingnya menabung kepada siswa. “Setiap hari kita gunakan waktu lima menit sebelum KBM untuk menyampaikan kepada anak-anak akan pentingnya menabung. Juga kita gunakan untuk mengumpul uang dari siswa,” kata Linda.

Dirinya optimistis siswa akan termotivasi untuk menabung. “Saya yakin dengan program ini siswa akan termotivasi untuk menabung. Karena dilakukan di sekolah dimana siswa akan termotivasi karena dari kawannya,” kata Linda. (ito)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!