Seribu Kombes Rebut 200 Jabatan Pati – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

Seribu Kombes Rebut 200 Jabatan Pati

Berprestasi Atau Mentok Kombespol

JAKARTA, TIMEX-Dalam acara korps raport kenaikan pangkat 15 perwira tinggi di ruang Rupatama Mabes Polri kemarin (25/10), Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan bahwa Polri sedang menghadapi masalah terkait jenjang karir. Terjadi bottleneck jabatan dari Kombespol menuju ke Perwira Tinggi (Pati).

Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teror (BNPT) tersebut mengatakan, dalam korps raport ini terdapat kenaikan pangkat pati. Namun, sebenarnya Polri sedang mengalami kendala dalam struktur jabatan dan kepangkatan. ”Terjadi semacam bottleneck dalam karir di kepolisian,”terangnya.

Jumlah dari anggota polisi yang berpangkat Kombespol begitu banyak. Namun, jumlah jabatan untuk pati begitu minim. ”Karenanya, hanya prestasi dengan penilaian dari berbagai pihak yang akan bisa membantu dalam kenaikan pangkat dan jabatan,”jelasnya.

Seperti halnya, Brigjen Sri Handayani yang dinaikkan satu pangkat dan menduduki jabatan Kepala Sekolah Pembentukan Perwira (Kasetukpa) Polri. ”Kami naikkan satu pangkat dan menjabat Kasetukpa karena banyak pihak yang merekomendasikan, seperti kepala Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan banyak polwan. ”Maka, saya minta untuk semua perwira silahkan berkompetisi dengan sehat,”terangnya.

Sementara Kadivhumas Polri Irjen Boy Rafli Amar menuturkan, untuk bottleneck jabatan pati itu memang terjadi. Saat ini ada sekitar seribu anggota polisi berpangkat Kombespol, namun jabatan untuk pati hanya ada 200 posisi.

”Dengan itu dapat diartikan ada 800 kombespol yang jenjang karirnya akan sangat sulit untuk bisa mencapai jabatan dan pangkat pati jenderal bintang satu,”jelas dia.

Menurutnya, Polda saat ini banyak yang dinaikkan kelasnya. Namun, tetap saja jumlah perwira menengah dengan pangkat Kombespol terlalu banyak. Apalagi, jumlah pati yang pensiun setiap tahunnya berkisar antara 5 hingga 10 orang. ”Tentu, itu tidak seimbang.

Karena itu dengan kondisi semacam ini, hanya prestasi yang bisa membuat Kombespol menduduki jabatan jenderal bintang satu. ”Polri mengharapkan masing-masing kombespol untuk berprestasi,”ujarnya. (idr/jpnn/boy)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!