Launching Kampanye, Niko Frans Absen – Timor Express

Timor Express

POLITIK

Launching Kampanye, Niko Frans Absen

DAMAI. Ki-ka, AKBP Johanes Bangun, Herman Man, Jefri Riwu Kore, Yohana Lisapaly, Marianus Minggo dan Jonas Salean, melepas burung pertanda dimulainya kampanye.

SEMY BALUKH/TIMEX

KUPANG, TIMEX–Jumat (28/10), sekira pukul 10.00, kampanye Pilwalkot 2017 resmi dimulai. Tahapan kampanye ini dibuka ditandai dengan pelepasan burung merpati oleh pasangan calon.

Acara pembukaan kampanye ini juga diisi deklarasi kampanye berintegritas dan damai. Para pasangan calon bersama tim kampanye membubuhkan tandatangan usai mengucapkan deklarasi kampanye damai.

Plt Wali Kota Kupang, Yohana Lisapaly, dalam sambutannya mengajak semua pihak, baik pasangan calon maupun tim kampanye dan simpatisan agar terus menjaga kerukunan dan kebersamaan yang telah dijaga selama ini. “Pilkada lima tahun sekali tapi kebersamaan ini terus ada,”kata Yohana.

Sementara Ketua KPU Kota Kupang, Marianus Minggo mengatakan dalam kampanye ini tidak hanya Panwas yang mengawasi, tapi banyak pihak terlibat dalam pengawasan, seperti pemantau, pers bahkan masyarakat. “Memperlihatkan visi misi Anda, jangan saling menjatuhkan, kampanye yang rasional, bukan politik uang, hindari saling adu domba,”tegas Marianus.

Menurutnya, dalam kampanye tidak hanya paslon dan tim kampanye yang diatur, tapi tentang relawan dan perorangan yang ikut berkampanye wajib hukumnya mendaftarkan diri di KPU. Dua pasangan yang bertarung, yakni Jefri Riwu Kore-Herman Man (Firmanmu) dengan nomor urut 1 dan pasangan Jonas Salean-Niko Frans (Sahabat) dengan nomor urut 2 diberi kesempatan untuk menandatangani ikrar kampanye damai. Sayangnya, dari kubu Sahabat, calon wakil Niko Frans tidak hadir karena sakit.

Calon Wali Kota Kupang, Jonas Salean, mengakui Niko Frans sedang sakit masih dirawat. Menurutnya, Niko kelelahan setelah menjalani sejumlah aktivitas. Ia juga mengakui Niko menderita maag kronis sehingga sedang kambuh. “Sakit lambung. Gasnya tinggi sekali, jadi mungkin dirawat di rumah atau rumah sakit,”kata Jonas. Namun menurutnya sakit itu hal biasa yang bisa diderita siapa saja. Terkait informasi dirujuk ke Jakarta, Jonas mengaku tidak tahu. “Saya saja sampai detik ini belum ketemu. Tapi menurut laporan keluarga bahwa lambung asam tinggi. Lambung udah parah, jadi perlu istirahat,”kata Jonas.

Jonas juga mengaku walau pasangannya absen di kampanye tidak akan berpengaruh. Pasalnya, yang menentukan adalah kepala daerah. Wakil hanya membantu kepala daerah untuk kelancaran tugas-tugas pengawasan dan tugas-tugas lain yang didelegasikan kepala daerah.

Terkait penyakit Niko Frans, Direkris RS S.K. Lerik, dr. Marsiana Halek mengaku belum mendapat laporan lengkap. Namun ia mengakui Niko sedang sakit dan kondisinya membaik. (sam/boy)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!