Polda NTT Layak Tipe A – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Polda NTT Layak Tipe A

GALI INFORMASI MASYARAKAT. Komisoner Kompolnas, Andrea Poeloengan (kiri) dan Poengky Indarti pose bersama Koordinator PIAR NTT, Sarah Lery Mboeik (tengah) saat meminta masukan dari PIAR terkait penanganan kasus-kasus di Polda NTT, Sabtu (29/10).

TOMMY AQUINODA/TIMEX

Kompolnas Temukan Ada Anggota Polda NTT Gaptek

KUPANG, TIMEX-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) telah memberikan sinyal positif terkait rencana peningkatan status Polda NTT dari Tipe B menjadi Tipe A. Kabar gembira tersebut dibocorkan oleh Kepala Korps Lalulintas (Kakorlantas), Mabes Polri, Irjen Pol. Agung Budi Maryoto saat acara penerimaan penghargaan rekor MURI atas program Satpas Apung oleh Ditlantas Polda NTT di Dermaga Ditpolair, Kamis (20/10) lalu. Bila terwujud, Polda NTT akan segera dipimpin seorang jenderal bintang dua atau Irjen.

Rencana peningkatan status Polda NTT menjadi Tipe A rupanya tak hanya mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi NTT, DPRD NTT serta sejumlah pakar dan akademisi di NTT. Salah satu Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Andrea Poeloengan juga menganggap Polda NTT sangat layak untuk dinaikan statusnya ke Tipe A. Dukungan moril untuk Polda NTT disampaikan Andrea saat berkunjung ke Sekretariat PIAR NTT bersama rekannya yang juga Komisoner Kompolnas, Poengky Indarti, Sabtu (29/10).

Menurut Andrea, Polda NTT layak naik status ke Tipe A karena kondisi geografisnya yang berbatasan langsung dengan dua negara. Yakni Timor Leste (RDTL) dan Australia. Dengan menjadi beranda terdepan NKRI di bagian selatan, kata dia, peningkatan status Polda NTT ke Tipe A sudah menjadi keharusan.

Terkait kedatangan ke Kupang, Andrea mengatakan, mereka datang untuk melihat persiapan berkenaan dengan rencana kenaikan status Polda NTT menjadi Tipe A. Pasalnya, pihak Polda NTT sendiri masih dalam posisi menunggu arahan dari atas dan belum tahu apa yang harus dipersiapkan. “Kami sedang mengumpulkan data. Kira-kira apa yang harus mereka (Polda NTT, Red) persiapkan,” ujarnya.

Andrea menambahkan, peningkatan status ke Tipe A tentu harus dibarengi dengan peningkatan kualitas pelayanan kepolisian kepada masyarakat. Oleh karena itu, dalam pengumpulkan data kali ini, mereka juga bertandang ke Sekretariat PIAR NTT guna meminta masukan dari masyarakat. Sebab PIAR adalah bagian dari komunitas masyarakat NTT yang ingin agar pelayan Polda NTT menjadi lebih baik. “Selama ini kami dengar ada beberapa kasus yang mereka advokasi. Ada kasus yang berjalan tidak cepat. Jadi kami ke sini untuk mendengar langsung dari orang-orang yang pernah mendapat pendampingan dari PIAR,” katanya.

Dosen STIK-PTIK itu menyebutkan, ada beberapa hal penting yang perlu dipikirkan terkait dengan rencana peningkatan status Polda NTT. Yakni, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), penambahan anggaran serta sarana dan prasarana. Khusus untuk SDM, Andrea mengaku, mendapati beberapa anggota Polda NTT yang tidak terampil menggunakan komputer. Padahal, di zaman sekarang harusnya anggota polisi tidak lagi gaptek (gagap teknologi). “Kami berharap, level kualitas SDM di Polda NTT harus naik. Naik itu bukan cuma kepintaran kecerdasan IQ. Tapi juga kecerdasan hati,” pintanya.

Selanjutnya mengenai sarana dan prasarana, Andrea menyebutkan, di Polda NTT masih ada Polres yang menangani dua bahkan tiga kabupaten. Begitu juga dengan Polsek yang menangani empat hingga kecamatan. Seharusnya, satu polres menangani satu kabupaten dan satu polsek menangani satu kecamatan. Dengan demikian, perlu ada pemekaran Polres dan Polsek, serta penambahan personel. “Bicara soal peningkatan status, bukan tanggung jawab kepolisian semata. Semua stakeholder harus ikut bertanggungjawab. MenPAN-RB harus memikirkan perbaikan kualitas SDM, gaji, tunjangan dan lain-lain. Kementerian PU-Pera harus berpikir soal perumahan polisi. Pemda setempat juga harus ikut mendukung agar polisi dapat bekerja dengan baik,” ungkapnya. (r2/aln)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!