PLN Permudah Pelayanan dengan GELIS – Timor Express

Timor Express

EKONOMI BISNIS

PLN Permudah Pelayanan dengan GELIS

LAUNCHING.GM PLN Wilayah NT Richard Safkaur (kedua kiri) didampingi Ketua YLKI NTT Marthen Nulik (kiri), Manager PLN Area Kupang Maria Goreti serta perwakilan Ombudsman dan pejabat lainnya saat membuka pintu kantor Gelis di Kantor AKLI NTT, Senin (31/10).

CARLENS BISING/TIMEX

YLKI NTT: Ini Memenuhi Kebutuhan Konsumen
Richard Siap Blacklist Perusahaan Pungli

KUPANG, TIMEX-PT.PLN Wilayah NTT sudah melaunching Gerai Layanan Listrik (GELIS), Senin (31/10) bertempat di Kantor AKLI NTT yang terletak di belakang Taman Nostalgia Kota Kupang. Gelis dengan tagline one stop service merupakan sebuah layanan terpadu dari PLN untuk permohonan layanan listrik dengan konsep satu pintu satu atap.

Adapun layanan di Gelis meliputi pasang baru, ubah daya, pasang instalasi, bayar listrik dan voucher listrik, peralatan listrik ber-SNI dan pengurusan SLO (Standar Laik Operasi). Menariknya, Gelis akan menampilkan secara terbuka kepada pelanggan terkait seluruh proses pelayanan, termasuk biaya-biaya yang menjadi kewajiban pelanggan. Para pelanggan juga akan mendapakan informasi perkembangan proses permohonan melalui aplikasi SMS.

“Jadi kalau ada petugas yang menagih lebih dari tarif yang sudah ada, masyarakat tolong lapor ke kami. Saya akan blacklist perusahaan itu selama tiga bulan,” tandas General Manager PLN Wiayah NTT Richard Safkaur saat acara tersebut.

Menurut Richard, Gelis merupakan salah satu upaya mencegah pungutan liar (Pungli) yang selama ini menjadi penyebab terhambatnya pelayanan kepada masyarakat, termasuk memberatkan pelanggan. “Jadi kita perlu ingatkan juga bahwa ada zona remang-remang dan zona gelap dalam pengurusan listrik. Ini yang mau kita hilangkan,” tutup dia.

Sementara Ketua YLKI NTT Marthen Nulik pada kesempatan itu mengakui, pihaknya selalu berbicara keras ketika ada keluhan dari masyarakat tentang pelayanan PLN. Hal ini menurut dia sangat wajar karena setiap penyedia jasa harus mendapatkan feedback dari pelanggan untuk selalu melakukan inovasi dan perubahan-perubahan demi kebaikan bersama ke depan.

Dia tegaskan, ketegasannya tidak untuk mendiskreditkan lembaga atau instansi tertentu. Namun sebagai alat kontrol. Karena menurut dia, pelanggan sering tidak punya kemampuan untuk menuntut haknya kepada penyedia jasa.

Dia pun mengapresiasi hadirnya Gelis sebagai upaya untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada pelanggan. Akademisi Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang itu katakan, konsumen mengharapkan pelayanan yang sederhana, kejelasan serta kepastian dalam pelayanan.

“Sejauh pengamatan kami, PLN sudah mulai berubah. Untuk Gelis ini menurut kami sudah memenuhi kebutuhan rakyat. Tolong yang menjadi operator dan penyedia jasa, mari kita sama-sama jaga mutu pelayanan kita,” pesan Marthen.

Pada kesempatan itu, PLN juga menandatangani kerjasama dengan lima perusahaan yang akan mengoperasikan Gelis. Kelimanya, yakni Gelis Telaga, Gelis Duta Teknik, Gelis TDM, Gelis Paradiso dan Gelis Arindo. Gelis tidak hanya menyediakan jasa di kantor, namun juga menyediakan mobil layanan yang siap melayani pelanggan hingga ke sudut kota.

Hadir pada kesempatan itu, perwakilan Ombudsman RI perwakilan NTT, Manager PLN Ares Kupang Maria Goreti Gunawan dan Manager PLN Rayon Kupang Ita Yupukoni pengurus AKLI NTT serta pejabat lainnya.(cel)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!