KPU Tegaskan Yentji Sunur Bukan Petahana – Timor Express

Timor Express

POLITIK

KPU Tegaskan Yentji Sunur Bukan Petahana

Maryanti Luturmas Adoe

Maryanti Luturmas Adoe

Tidak Bisa Dikenakan Sanksi Pasal 71 UU 10/2016

KUPANG, TIMEX – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lembata telah mengkonsultasikan kepada KPU Provinsi NTT terkait rekomendasi Panwaslih Lembata untuk membatalkan pencalonan Yentji Sunur di Pilkada Lembata.

Ketua KPU Provinsi NTT, Maryanti Luturmas Adoe yang dikonfirmasi Timor Express via ponsel, Selasa (8/11), mengatakan dari hasil konsultasi yang dilakukan KPU Lembata, pihaknya berkesimpulan Yentji Sunur bukanlah petahana, sehingga tidak bisa dikenakan sanksi pasal 71 ayat (5) Undang-Undang (UU) Nomor 10 tahun 2016.

“Hal ini sesuai dengan PKPU Nomor 9 tahun 2016, dan ditegaskan juga dalam surat KPU RI Nomor 588 tanggal 29 Oktober 2016,” jelas Maryanti.

Maryanti melanjutkan, dalam PKPU Nomor 9 tahun 2016 dijelaskan bahwa petahana adalah gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, walikota/wakil walikota yang sedang menjabat.

“Pak Yentji Sunur telah berakhir masa jabatannya pada 25 Agutus 2016. Pendaftaran tanggal 21-23 Septeember 2016. Dalam masa pendaftaran, beliau sudah tidak menjabat lagi,” terang Maryanti.

Sementara menyangkut putusan Panwaslih Kota Kupang, Maryanti jelaskan pihaknya menyarankan kepada KPU Kota Kupang untuk menunggu hingga putusan tertulis diterima baru bersikap.

“Karena sampai siang tadi (Kemarin, red), putusan tertulis dari Panwaslih Kota Kupang belum diterima oleh KPU Kota Kupang,” tutup Maryanti. (joo)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!