Pencetakan E-KTP Terganggu Jaringan – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Pencetakan E-KTP Terganggu Jaringan

KUPANG, TIMEX-Proses pencetakan KTP elektronik (E-KTP) di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang mengalami kendala. Kendala ini dipicu adanya gangguan jaringan internet.

Sekretaris Dispendukcapil Kota Kupang, Hendrik Kaborang, kepada koran ini, kemarin (9/11) mengatakan, gangguan ini sudah terjadi sejak sebulan lalu. Oleh karena itu, pihaknya kesulitan mencetak E-KTP, termasuk kartu keluarga (KK) dan akta.

Hendrik Kaborang menjelaskan, pihaknya sangat terganggu karena pekerjaan terhambat. Ia pun menyampaikan permohonan maaf kepada kepada masyarakat Kota Kupang karena pelayanan tak bisa maksimal. “Ini bukan karena tidak ada kemampuan aparatur dalam melaksanakan tugas, tetapi karena gangguan sistem jaringan dan sudah di luar kemampuan. Karena musti kontak dengan pusat,” kata Hendrik.

Ia juga mengatakan pihaknya sudah berupaya keras namun belum berhasil. “Kita bawa peralatan ke Dipendukcapil Kabupaten Kupang, namun sampai saat ini juga belum bisa normal, sehingga pencetakan dokumen kependudukan belum bisa dilakukan,” katanya.

Walau ada gangguan, namun menurutnya, pelayanan tetap dibuka dan masyarakat bisa memasukkan dokumennya.
Hendrik mengimbau masyarakat yang membutuhkan KTP untuk sementara bisa langsung ke kantor Dipendukcapil untuk mengurus surat keterangan pengganti KTP. Surat pengganti ini mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan KTP dan berlaku hanya enam bulan. Bagi yang mau mendapat surat keterangan tersebut bisa membawa KK dan bukti perekaman E-KTP dari kecamatan. “Juga membawa dua lembar pas foto. Yang lahir tahun ganjil maka latarnya warna merah dan tahun lahir genap berlatar belakang biru,” ungkapnya. (sam/aln)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!