Polri Akan Manfaatkan Keahlian Undana – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Polri Akan Manfaatkan Keahlian Undana

Gagas Kerja Sama Berbagai Bidang

KUPANG, TIMEX-Dalam rangka meningkatkan kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggagas kerja sama dengan Universitas Nusa Cendana (Undana).

Tak hanya dalam fungsi Tri Dharma pendidikan, Polri akan melakukan permintaan ahli sesuai bidangnya di berbagai universitas yang akan melakukan kerja sama, termasuk Undana. Pimpinan Polri yang diwakili Kabagkoorprog Rokerma KL Sops Polri, Kombes Pol Drs. H. Dedy Setiabudi ketika diterima Rektor Undana, Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M.Si., Ph.D di ruang kerjanya, Selasa (8/11) mengatakan, selama ini Polri telah menggagas kerja sama dengan 22 universitas. Undana merupakan universitas ke-23.

Kerja sama atau nota kesepahaman tersebut, kata Dedy, sebagai payung hukum yang akan menguntungkan kedua pihak. Kendati selama ini, katanya, sudah ada nota kesepahaman antara Undana dengan Polda NTT. Namun, ungkap Dedy, MoU yang akan ditandatangani pada tahun 2017 mendatang merupakan turunan dari MoU yang akan digagas oleh Polri. “Jadi MoU yang akan ditandatangni nanti adalah turunan dari MoU yang selama ini dilakukan oleh Polda NTT dengan Undana,” ucapnya.

Kabagjadiklat Rojianstra SSDM Polri, AKBP Drs. Budi Siswanto, M.H pada kesempatan tersebut menambahkan, pertemuan tersebut merupakan penjajakan awal untuk dilakukan penandatangan MoU oleh kedua lembaga. Ia menambahkan, untuk waktu penandatanganan MoU tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang. Biasanya pimpinan Polri akan menandatangani terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan pimpinan universitas. Pada prinsipnya Polri sangat mengapresiasi keterbukaan Undana untuk menggagas adanya kerja sama tersebut.

Rektor Undana, Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M.Si., Ph. D pun sangat mengapresiasi kehadiran tim penggagas kerja sama dari Mabes Polri. Ia mengaku, selama ini kerja sama Undana dengan pihak kepolisian sudah dilakukan, yaitu dengan Polda NTT. Namun, kata Prof. Benu, kerja sama dengan Mabes Polri belum dilakukan. Karena itu, ia menyambut baik upaya kerja sama yang akan dilakukan nantinya. “Selama ini kami sudah menjalin kerja sama dengan Polda NTT, dengan membuka kelas khusus baik Fakultas Hukum S-1, maupun pascasarjana hukum bagi para anggota Polisi yang ingin melanjutkan studi di Undana,” ujarnya.

Apalagi, katanya, standar bagi seorang penyidik di lembaga Kepolisian, harus mengantongi minimal bergelar sarjana. Ia juga mengaku, kerja sama dalam bidang penelitian antara Undana dengan Polda NTT, belum berjalan maksimal. Karena itu, ia berharap agar kerja sama tersebut nantinya bisa menjangkau semua aspek, baik pendidikan, penelitian maupun pengabdian pada masyarakat.

Soal permintaan ahli dalam berbagai bidang oleh pikak kepolisian, Rektor Benu mengaku siap merekomendasikan para ahli dari dari berbagai disiplin ilmu di Undana. Pasalnya, kini Undana telah memiliki 24 orang guru besar, 160 Doktor dan sisanya bergelar magister.

Menariknya, pada kesempatan tersebut juga antara Polri dan Undana siap membuat kerja sama yakni setiap lulusan Undana yang mendapat beasiswa Bidik Misi bisa diikutsertakan dalam penerimaan Calon Siswa (Casis) Kepolisian Republik Indonesia. (*/ito)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!