SBD Miliki Rumah Tenun dan Pusat Ole-ole – Timor Express

Timor Express

SUROSA

SBD Miliki Rumah Tenun dan Pusat Ole-ole

SAMBUTAN. Owner Resto @ Cafe Ro’o Luwa, Ratu Wulla Talu saat memberikan sambutan saat peresmian, Sabtu (5/11).

FEKY BOELAN/ TIMEX

TAMBOLAKA, TIMEX – Resto @ Cafe Ro’o Luwa yang merupakan rumah pusat tenun ikat dan ole-ole khas Kabupaten SBD diresmikan. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh anggota DPR RI, Viktor Bungtilu Laiskodat, Sabtu (5/11) lalu.

Hadir pada peresmian itu, Bupati SBD, Markus Dairo Talu, Bupati Sumba Barat, Agustinus Niga Dapawole, Wakil Bupati SBD, Ndara Tanggu Kaha, Kapolres Sumba Barat, AKBP Muhamad Erwin, Daniel Kameo, Panji Trihatmodjo, Ayu Azhari, Ria Irawan dan pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya.

Owner Resto @ Cafe Ro’o Luwa, Ratu Wulla Talu mengaku senang dan bangga karena salah satu cita-citanya dalam memberdayakan ekonomi rumah tangga bisa berhasil dengan diresmikannya rumah tenun dan pusat ole-ole SBD.

“Ya, saya sangat bangga dan senang, karena dengan diresmikannya Resto @ Cafe Ro’o Luwa akan lebih membangkitkan semangat perempuan SBD dalam meningkatkan produksi tenun ikat dan makanan khas SBD. Disinilah akan menjadi pusat dari semua itu, sehingga ketika turis datang berkunjung tidak lagi jauh-jauh untuk mencari ole-ole khas SBD, cukup datang di Resto @ Cafe Ro’o Luwa, semuanya tersedia,” sebutnya.

Dia mengaku, impiannya sejak dari dulu ingin memiliki salah satu tempat khusus untuk menjual berbagai macam aneka makanan khas SBD termasuk tenun ikat SBD yang saat ini mulai go internasional, apalagi SBD yang kelak akan menjadi daerah destinasi wisata baru, menjadikannya lebih bersemangat dalam mengembangkan dan melestarikan budaya-budaya khas SBD.

“Saya tertarik kembangkan ini karena saya berpikir bahwa untuk membantu masyarakat khususnya ibu-ibu pengrajin dan penenun tentu bukan hanya sekadar melakukan hal yang besar, tetapi melakukan hal kecil yang dekat dengan masyarakat. Dengan begitu ibu-ibu usai menenun langsung dibawa ke sini, kemudian kita beli baru kita cari pasarannya, begitu juga dengan makanan khas SBD,” kata penerima Best Economic Award 2016 itu.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya, Wakil Bupati, Ndara Tanggu Kaha mengapresiasi langkah Ratu Wulla Talu dalam keberhasilannya membangun rumah yang menjadi pusat ole-ole dan kuliner khas SBD serta menjadi rumah tenun pertama di Kabupaten SBD.

Ia meminta kepada Ratu Wulla Talu yang merupakan ketua TP PKK SBD agar bersama seluruh jajarannya selalu setia membantu Pemkab SBD dalam meningkatkan ekonomi rumah tangga masyarakat.

“Ro’o Luwa harus jadi ATM masyarakat dalam pengembangan ekonomi rumah tangga,” tandasnya.
Sementara Viktor Bungtilu Laiskodat saat meresmikan Resto @ Cafe Ro’o Luwa menyambut baik ide dari ketua TP PKK SBD tersebut. Di mana, kehadiran Ro’o Luwa harus memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi geliat industri rumah tangga dan ide yang dibangun ini harus memberikan efek bahwa masyarakat NTT khususnya di Sumba hadir bukan untuk jadi masyarakat peminta-minta sekaligus mematahkan stigma NTT daerah miskin.

“Gagasan ini merupakan sebuah pesan bahwa ada tokoh perempuan NTT yang hebat yang tidak menyerah pada nasib dan keadaan yang ada. Ini pesan penting buat kita semua hari ini dalam momentum yang luar biasa ini,” pungkasnya.

Viktor menegaskan, peresmian menjadi sebuah hal positif dan merupakan proses pembelajaran bagi masyarakat untuk tidak hanya bisa mempertahankan dan meneruskan budaya turunan nenek moyang saja, tetapi juga harus mampu melahirkan sesuatu yang baru yang bisa diteruskan kepada generasi yang berikut seperti yang dilakukan Ratu Wulla Talu saat ini.

Ia berpesan kepada masyarakat untuk mulai bangkit dari keterpurukannya serta sudah harus sadar secara kolektif untuk memproklamirkan kepada Indonesia bahwa rakyat NTT khususnya Sumba Barat Daya akan terus bangkit menjadi lebih baik.

Untuk diketahui, Resto @ Cafe Ro’o Luwa terletak di Desa Watukawula Kecamatan Kota Tambolaka. Di mana, dalam acara peresmian dibarengi dengan di-launching-nya produk teh lini dan teh kayu manis khas SBD sekaligus acara syukuran atas keberhasilan Ratu Wulla Talu menyabet tiga penghargaan bergengsi tingkat nasional yakni menjadi Bunda PAUD Teladan tingkat nasional 2016, Inspiration Woman Award 2016 dan Indonesian Best Economic Award 2016. (r1/ays)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!