Kasus Charles Mesang Seret Muhaimin – Timor Express

Timor Express

HUKUM

Kasus Charles Mesang Seret Muhaimin

JAKARTA, TIMEX-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berupaya membongkar kasus dugaan korupsi anggaran optimalisasi di Ditjen Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (P2KT) Kemenakertrans pada 2014. Salah satunya mendalami dugaan keterlibatan Muhaimin Iskandar. Saat tindak pidana korupsi itu dilakukan, Muhaimin menjabat Menakertrans. Ketua umum PKB itu dianggap mengetahui pelaksanaan program yang bermasalah tersebut.

Namun, hampir setahun, penanganan kasus itu tidak ada kabarnya. Baru 5 Desember lalu, KPK mulai membuka lagi perkara tersebut. Yaitu, dengan menetapkan mantan anggota Komisi IX DPR sekaligus bekas anggota Badan Anggaran (Banggar) Charles Jones Mesang sebagai tersangka. Politikus Partai Golkar itu diduga menerima suap Rp 9,75 miliar terkait anggaran optimalisasi di Ditjen P2KT Kemenakertrans.

Jubir KPK Febri Diansyah menyatakan, pihaknya tidak hanya berhenti pada Charles. KPK akan terus mendalami perkara tersebut. Penyidikan masih dilakukan dengan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi. “Siapa pun yang mengetahui akan dimintai keterangan,”terang dia di kantor KPK, (15/12). Termasuk, dugaan keterlibatan Muhaimin yang ikut menikmati uang Rp 400 juta dari hasil korupsi.

Namun, Febri belum bisa memastikan kapan Muhaimin diperiksa. “Nanti akan kami jadwalkan,”papar mantan aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) itu. Apakah akan ada tersangka baru dalam perkara tersebut? Febri menyatakan, pihaknya belum bisa menyebutkan siapa yang akan menyusul menjadi tersangka. Charles dan Jamaluddein diduga bersama-sama menerima hadiah atau janji dalam penanganan program senilai Rp 150 miliar. Jamaluddien sendiri sudah dijatuhi hukum 6 tahun penjara dalam kasus pemerasan. Dia terbukti memeras pejabat pembuat komitmen (PPK) yang melaksanakan proyek di bawah Ditjen P2KT Kemenakertrans. Jamaluddien mendapat Rp 6,7 miliar. Uang korupsi itu lantas diberikan sejumlah pihak. Dalam persidangan disebutkan bahwa salah satu pihak yang menerima uang panas itu adalah Muhaimin Iskandar. Dari situlah dugaan keterlibatan Muhaimin terkuak.

Febri menyatakan, fakta persidangan tentu akan menjadi bahan bagi penyidik untuk mendalami kasus tersebut. Keterangan itu akan dibuktikan apakah benar Muhaimin betul-betul menerima uang. (lum/oki/jpnn/boy)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!