Bupati Sakit, Pelantikan Ditunda – timorexpress.fajar.co.id

timorexpress.fajar.co.id

RAKYAT TIMOR

Bupati Sakit, Pelantikan Ditunda

Sekda: Dalam Minggu Ini Dilakukan Pelantikan

SOE, TIMEX – Pelaksanaan pelantikan pejabat eselon III a dan III b lingkup Pemkab TTS yang sesuai rencana dilaksanakan, Senin (9/1) kemarin secara mendadak ditunda. Penundaan tersebut karena Bupati TTS, Paulus Mella sakit.

Penundaan dilakukan hingga waktu yang belum ditentukan. Meski demikian, pelantikan tetap akan dilakukan dalam minggu ini.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten TTS, Salmun Tabun kepada wartawan, Senin Senin (9/1) mengatakan, ia akan berkoordinasi dengan Bupati TTS agar jika kesehatannya tidak bisa beraktivitas dalam pekan ini, maka dapat memberikan kuasa kepada wakil bupati atau dirinya untuk melakukan pelantikan.

Pasalnya, pembahasan penetapan pejabat di jabatan yang baru telah dilakukan sesuai tahapan dan Bupati TTS telah menandatangani SK pelantikan. Karena itu, saat ini hanya acara seremonial pelantikan, sehingga bisa dilakukan oleh wakil bupati atau sekda, asalkan disetujui oleh bupati dengan memberikan surat kuasa kepada pejabat yang hendak melakukan pelantikan.

“Ini saya sudah mau ke pak bupati untuk koordinasi dengan beliau. Kalau memang kondisi beliau belum fit, pelantikan bisa dilakukan oleh wakil bupati atau saya. Karena SK pelantikan sudah selesai, jadi sisa pelantikannya saja,” tutur Salmun.

Pejabat eselon III a dan eselon III b lingkup Setda TTS yang akan dilantik pada jabatan yang baru sebanyak 196 orang. Pejabat eselon III a dan eselon III b akan didistribusikan sebagai sekretaris di seluruh SKPD yang ada di TTS. Selain sekretaris, sebagian adalah camat. Pelantikan harus segera dilakukan, karena saat ini jabatan sekretaris lowong sehingga tidak bisa mengelola kegiatan dan program yang dialokasikan di dinas, badan dan bagian yang ada.

“Kalau terlambat lantik itu bisa bahaya karena sekarang kegiatan dan program yang sudah diprogramkan tidak bisa dilaksanakan, karena sekretaris belum didefinitifkan,” kata Salmun.

Setelah melakukan pelantikan terhadap pejabat eselon III a dan eselon III b, pihaknya akan kembali berproses untuk melakukan pejabat eselon IV. Pelantikan terhadap pejabat eselon IV membutuhkan waktu yang banyak, karena pelantikan pejabat eselon IV akan dilakukan hingga ke kecamatan dan kelurahan. Karena itu, diperkirakan pejabat eselon IV yang akan dilantik sebanyak 600-an orang.

“Sedangkan untuk pelantikan pejabat eselon II sampai sekarang KASN belum jawab surat konsultasi kami. Jadi nanti pak bupati sudah sehat kembali, kami akan ke KASN untuk konsultasi langsung di sana,” tandas Salmun. (yop/ays)

Click to comment

Most Popular

To Top