Kampanye Sahabat, Iban Sentil PIP, FirManmu Prioritas Pendidikan – TIMOREXPRESS.COM

TIMOREXPRESS.COM

POLITIK

Kampanye Sahabat, Iban Sentil PIP, FirManmu Prioritas Pendidikan

KUPANG, TIMEX-Ketua DPD Partai Golkar NTT, Ibrahim Agustinus Medah kembali hadir mendampingi paket Sahabat (Jonas Salean-Nikolaus Fransiskus) dalam kampanye dialogis di Kelurahan Oesapa Selatan, Selasa (6/1) malam.

Saat itu sosok yang akrab disapa Iban ini menyentil soal Program Indonesia Pintar (PIP). Di hadapan warga yang hadir, Iban meminta warga kota untuk tidak ikut-kutan melanggar sistem pengelolaan keuangan negara. Sebab, APBN maupun APBD telah diatur dalam sebuah sistem, layaknya sistem yang mengatur negara ini.

Anggota DPD RI ini mengimbau warga untuk tetap memperhatikan dan mengikuti prosedur, jika mau meminta bantuan kepada pemerintah. Sebagai pembelajaran, dia juga mencontohkan bagaimana orang kampung yang taat akan prosedur, saat mengambil makan di pesta. Medah sangat berharap, warga kota tidak ikut-ikutan melawan sistem dalam pengelolaan keuangan daerah. Sebagaimana yang dilakukan oknum tertentu, yang seenaknya ingin mengelolah keuangan negara, tanpa mengindahkan sistem dan aturan keuangan. Mantan Bupati Kupang dua periode ini menyebutkan, Jonas Salean merupakan figur yang cerdas dan pantas untuk dipertahankan memimpin kota ini. Jonas menurutnya pandai mengatur keuangan daerah dan memiliki inovasi dalam meningkatkan pendapatan daerah, tanpa membebani masyarakat untuk membayar pajak daerah.

Sementara Calon Wali Kota Kupang, Jonas Salean menjanjikan solusi penanganan air bersih bagi masyarakat kota. Menurutnya, persoalan sumber air menjadi kendala utama dalam pemenuhan air bersih. Satu-satunya harapan adalah kerjasama Pemkot dengan BLUD SPAM yang mengelolah air di Tilong. Untuk tahun 2017, Jonas mengaku, anggaran sudah tersedia untuk pembangunan dua reservoar besar guna menampung air dari Bendungan Tilong. Solusi lainnya yakni pembelian 10 unit mobil tangki untuk penyaluran air di kelurahan-kelurahan.

Jonas Salean juga menyinggung langkah strategis dan inovatif untuk membantu perekonomian warga, yakni dengan peningkatan pengguliran dana PEM.
Di akhir kampanyenya, Jonas menginformasikan bahwa program lainnya akan terus ditingkatkan. Baik di bidang kesehatan, pendidikan, sosial serta penataan infrastruktur perkotaan seperti jalan dan lampu jalan.

FirManmu Prioritaskan Beasiswa

Sementara itu, pasangan Jefirston Riwu Kore-Herman Man (FirManmu), Selasa (10/1) melakoni kampanye di kediaman Adolof Hun, Ketua RW 9, Kelurahan Oebobo. Kehadiran FirManmu disambut antusias warga setempat. Calon Wakil Wali Kota, Herman Man yang berbicara pertama kembali menegaskan program unggulan yakni penanganan air bersih dan pendidikan.

Calon wali kota, Jefirston Riwu Kore menambahkan, untuk bidang pendidikan, pihaknya akan tetap memperjuangkan penyaluran beasiswa kepada para pelajar mulai tingkat SD sampai SMA. Karena pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan harus menjadi prioritas.

“Generasi kita harus tumbuh dengan terdidik sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ke arah yang lebih baik. Tentunya bukan di Kota Kupang saja melainkan untuk nusa dan bangsa,”ujar sosok yang akrab disapa Jefri itu.

Karena itu, lanjutnya, paket FirManmu akan terus berjuang untuk merubah Kota Kupang ke depan menjadi lebih baik. Selain itu, akan lebih mengutamakan kepentingan rakyat. Dengan demikian keluhan warga akan terjawab. Dan program pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat dapat terwujud.

Yusuf Detaq, Ketua RT 27/RW 09 dalam kesempatan itu mengangkat pengeluhan warga tentang pengerjaan jalan. Juga pemasangan pipa air namun sampai saat ini air tidak jalan. “Kami harapkan agar jangan dikecewakan lagi dengan janji. Terkait dengan bantuan LSM tapi bantuan dikelola orang-orang yang sama sehingga tidak ada perubahan,”kata Yusuf.
Warga lainnya, Ipen Kayon menanyakan komitmen FirManmu untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Yeremias Lestrun juga mengharapkan proses pengerjaan jalan dapat dilaksanakan dengan baik. “Karena kami ini juga warga kota. Kenapa wilayah lain jalannya bagus, tetapi kami di sini jalannya masih rusak,”tanya Yeremias.

Terkait pertanyaan tersebut, Herman Man berjanji akan memprogramkan Kupang hijau dan penanaman investasi air di setiap rumah. Sedangkan proses pengerjaan jalan akan dibenahi. (r2/mg22/ito/aln/boy)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top