Nelayan Diberi Asuransi Kecelakaan – TIMOREXPRESS.COM

TIMOREXPRESS.COM

RAGAM

Nelayan Diberi Asuransi Kecelakaan

DKP Fokus Kesejahteraan Nelayan

KUPANG, TIMEX – Salah satu pejabat eselon II di lingkup Pemerintah Kota Kupang yang dilantik dan dikukuhkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Kupang, Johanna Lisapaly, Senin (5/1) lalu, yakni Otniel Pello. Otniel yang sebelumnya menempati jabatan sebagai Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum, dilantik menjadi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) menggantikan Thomas Jansen Ga.

Kepada Timor Express, Selasa (6/1), Otniel mengatakan sebagai Kepala DKP yang baru, dirinya akan lebih fokus dan mengarahkan perhatian kepada peningkatan kesejahteraan para nelayan. Dengannya, akan ada berbagai upaya untuk mewujudkan program kesejahteraan nelayan. “Khusus bagi para nelayan, kita harus fokus memberikan upaya-upaya untuk kesejahteraan mereka,” ujarnya.

Otniel menambahkan, kecelakaan di laut yang menimpa para nelayan sering terjadi. Oleh karena itu, dia juga berusaha merancang satu program yang langsung menjawab persoalan tersebut, yakni pemberian jaminan asuransi kecelakaan bagi nelayan. Sebab dengan perlindungan asuransi, nelayan akan mendapatkan kenyamanan dan keamanan dalam menjalankan usahanya. Sehingga mereka dapat memusatkan perhatian pada penangkapan ikan yang lebih baik, lebih aman dan lebih menguntungkan.

Terkait dengan rencana tersebut, Otniel mengaku mendapat informasi dari internet bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menunjuk BUMN Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) untuk memberikan jaminan asuransi bagi nelayan Indonesia dalam program Bantuan Premi Asuransi bagi Nelayan (BPAN). Dengannya, DKP Kota Kupang akan coba melakukan pendekatan dan menjalin kerja sama dengan Asuransi Jasindo. “Saya akan melakukan pendekatan dengan pihak Jasindo, agar para nelayan diberikan asuransi kecelakaan guna meningkatkan perlindungan dan pemberdayaan nelayan,”katanya.

Selain program peningkatan kesejahteraan dan perlindungan terhadap nelayan, Otniel katakan, dirinya belum bisa berbicara panjang lebar terkait program-program yang akan dilakukan ke depan. Yang pasti, semua program yang telah dirintis oleh pejabat lama, akan diteruskan dan ditingkatkan bila program tersebut memang baik dan bermanfaat. Misalnya program IFAD. “Setelah serah terima jabatan, saya akan melihat program yang sudah dirintis, sembari memikirkan konsep dan program yang perlu dibuat ke depannya,” ungkapnya. (r2/sam)

Click to comment

Most Popular

To Top