Lasindo Siap Berantas Praktek Suap – Timor Express

Timor Express

HUKUM

Lasindo Siap Berantas Praktek Suap

Punya Kewenangan Lakukan OTT
Punya Agen rahasia

KUPANG, TIMEX – Praktek korupsi, suap, money politic dan gratifikasi semakin marak terjadi. Tak ketinggalan di Provinsi NTT. Terhadap kondisi bangsa seperti ini, Lembaga Anti Suap Indonesia (Lasindo) lahir di bumi pertiwi, guna mengambil peran membantu pemerintah untuk mencegah dan memberantas praktek-praktek tersebut di atas. Demikian penyampaian Koordinator Umum Lasindo Pusat, Asiel Michael Soruh saat memperkenalkan Lasindo kepada wartawan di Markas Lasindo, Kamis (12/1).

Lasindo, sebut Asiel, adalah lembaga nirlaba yang terdiri dari sekumpulan orang yang memiliki komitmen untuk ikut serta memberantas korupsi melalui misi advokasi, pencegahan dan pemberantasan suap, money politic dan dan gratifikasi. Asiel mengaku, kelahiran Lasindo murni ide dan gagasan dari dirinya. Ide dan gagasannya itu kemudian ditularkan kepada beberapa rekannya yang juga memiliki tujuan yang sama. “Pada 18 Juli 2016, Lasindo akhirnya memiliki susunan kepengurusan Dewan Pendiri Lasindo,” sebut Asiel didampingi Sekretaris Dewan pendiri, Melkianus Adoe, Koordinator Provinsi NTT, Yafri Bola dan Koordinator Kabupaten TTU, Gregorius Meol.

Asiel menyebutkan, Lasindo mempunyai visi, yakni mengantar rakyat Indonesia menjadi manusia Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur. Selain itu, Lasindo mengawasi, mencegah dan memberantas tindak pidana suap, money politic dan gratifikasi. “Agar tercipta tata kelola pemerintahan yang bersih, serta terbebas dari politik dinasti, korupsi, kolusi dan nepotisme,“ katanya.

Di dalam anggaran dasar yang disahkan Kementerian Hukum dan HAM, jelas Asiel, Lasindo punya kewenangan untuk melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Oleh karena itu, Lasindo dalam menjalankan tugasnya akan bekerja sama dengan lembaga-lembaga penegak hukum yang ada. Baik itu KPK, kepolisian maupun kejaksaaan. Dan kerjasama ini dituangkan dalam MoU. “KPK, polisi dan jaksa bercita-cita memberantas korupsi dan suap. Kami juga punya cita-cita yang sama. Oleh karena itu, secara kelembagaan, kami akan berkoordinasi dengan lembaga penegak hukum tersebut,” jelasnya.

Kelebihan Lasindo, lanjut Asiel, di dalam perangkatnya, Lasindo memiliki agen rahasia, yang mana keberadaan mereka hanya diketahui oleh koordinatornya. Agen rahasia, kata dia, akan berada setiap saat di kantor-kantor pemerintahan. Sebab untuk membongkar praktek suap dan korupsi yang ada di dalam kantor tersebut, tidak bisa orang dari luar masuk ke dalam. “Setiap organisasi ada pasti pro-kontra. Jadi kita manfaatkan orang-orang yang pro atau yang kontra sebagai agen rahasia. Nantinya, mereka akan mengirim informasi untuk kita tindaklanjuti. Inilah kelebihan Lasindo,” ungkapnya. (r2/sam)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!