Tingkatkan Patriotisme dan Trisila TNI AL – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Tingkatkan Patriotisme dan Trisila TNI AL

UPACARA. Tampak pasukan TNI AL, sedang mengikuti jalannya Upacara Hari Dharma Samudera, bertempat di lapangan Apel Mako Lantamal VII Kupang, Minggu (15/1)

IMRAN LIARIAN/TIMEX

Lantamal VII Peringati HDS

KUPANG, TIMEX – Lantamal VII- Asops Danlantamal VII Kolonel Laut (P) Bambang Trijanto memimpin upacara peringatan Hari Dharma Samudera (HDS) tahun 2017 di Lapangan Apel Mako Lantamal VII Kupang, Minggu (15/1).

Upacara peringatan HDS ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun oleh TNI AL. Tujuannya mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan laut yang gugur dalam pertempuran-pertempuran di laut.

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. yang dibacakan oleh Wadan Lantamal VII Kolonel Laut (P) Bambang Trijanto, dikatakan generasi muda yang kini hidup di alam kemerdekaan jangan sekali-kali meragukan, bahkan melupakan semangat patriotisme para Pahlawan Laut Aru. “Kerena telah memberikan teladan sejati kepada kita, yakni sikap Kesatria dan Rela Berkorban,” ujar Bambang.

Ia menambakan mereka telah membuktikan bahwa bangsa Indonesia tidak pernah gentar menghadapi musuh dalam upaya mempertahankan wilayah dan kedaulatan Negara Republik Indonesia. Tantangan yang dihadapi oleh TNI Angkatan Laut saat ini semakin kompleks. Salah satu penyebabnya adalah bentuk dari konstelasi geografis Indonesia itu sendiri yang terdiri dari dua pertiga wilayah Indonesia adalah lautan. Oleh karena itu, pertahanan laut yang kuat diperlukan untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Saya tekankan kepada kita semua untuk mengaktualisasikan nilai nilai kejuangan, patriotisme dan kepahlawanan serta Trisila TNI Angkatan Laut yang telah diwariskan oleh pendahulu kita,” tandas Bambang.

Dijelaskan, tanggal 15 Januari ditetapkan sebagai Hari Dharma Samudera. Peringatan ini diambil dari peristiwa pertempuran Laut Aru pada tahun 1962 yang merupakan puncak dari perjuangan dan patriotisme putra-putra bahari terbaik dalam mempertahankan Negara di Laut.

Dalam pertempuran ini gugur Komodor Yos Soedarso dan tenggelamnya KRI Macan Tutul. Makna yang perlu diambil dalam peringatan Hari Dharma Samudera adalah ini adalah harapan kepada generasi muda untuk dapat mewarisi dan meneladani jiwa patriotisme para pahlawan dimana dengan penuh semangat heroisme berjuang demi bangsa dan negara.

Pantauan Timor Express turut hadir dalam upacara hari Dharma Samudera ini para Asisten Danlantamal VII, Para Kadis/Kasatker Lantamal VII, Danyonmarhanlan VII, Danlanudal Kupang, para perwira, bintara, tamtama Mako Lantamal VII dan Yonmarhanlan VII serta PNS lantamal VII. (mg22/sam)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!