3.118 Warga Kota Terima PKH – Timor Express

Timor Express

RAGAM

3.118 Warga Kota Terima PKH

FENTI ANIN/TIMEX

PKH. Dari kiri ke kanan Koordinator PKH Kota Kupang Maria Gratiana Thani, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Roberth Rihi Kana dan Kepala Dinas Sosial Kota Kupang Felisberto Amaral di kantor Dinsos Kota Kupang, Kamis (19/1)

Total Rp 9 Miliar

KUPANG, TIMEX – Program Keluarga Harapan (PKH) yang dikawal oleh Dinas Sosial Kota Kupang terbukti membantu ekonomi serta kebutuhan keluarga yang dianggap kurang mampu. Total penerima di Kota Kupang sebanyak 3.118 orang.

Kepala Dinas Sosial Kota Kupang Felisberto Amaral yang didampingi Koordinator PKH Kota Kupang Maria Gratiana Thani dan Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Roberth Rihi Kana, Kamis (19/1) menjelaskan PKH sudah dijalankan sejak 2007. Awalnya hanya di dua kecamatan yaitu Alak dan Kelapa Lima. Mulai 2008 ditambah dua kecamatan, yaitu Oebobo dan Maulafa. Lalu pada 2015 ditambah Kecamatan Kota Raja dan Kota Lama.

Koordinator PKH Maria G. Gratiana menjelaskan PKH merupakan program pemerintah untuk membantu masyarakat kecil, namun yang memenuhi syarat-syarat tertentu dan merupakan keluarga miskin.

PKH merupakan bantuan tunai bersyarat bagi keluarga miskin dimana dalam keluarga tersebut harus memiliki komponen kesehatan terdiri dari ibu hamil, balita dan anak usia pra sekolah. Selanjutnya, harus ada komponen pendidikan seperti siswa SD, SMP,dan SMA. Pada 2016 ditambah dua komponen yaitu bagi lansia dan disabilitas, namun hanya berlaku bagi anggota PKH yang baru terdaftar di tahun 2016. “2015 jumlah penerima PKH sebesar 2.902 meningkat pada tahun 2016 sebanyak 3.118 peserta dan mendapat bantuan pada tahap empat 2016 lalu,” jelas Maria.

Maria menjelaskan total alokasi dana PKH pada tahun 2016 sebesar Rp 9 miliar. Sedangkan untuk tahun 2017, akan didata kembali peserta PKH dan akan diputuskan apakah penerima PKH masuk transisi (masih layak mendapat bantuan PKH) atau ditambah masa peserta PKH selama tiga tahun atau sudah graduasi (lulus dari peserta PKH). “Kalau graduasi, otomatis akan keluar sebagai peserta PKH,” kata Maria. (mg25/sam)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!