Jess Herbst, Wali Kota Transgender Pertama di Texas – timorexpress.fajar.co.id

timorexpress.fajar.co.id

INTERNASIONAL

Jess Herbst, Wali Kota Transgender Pertama di Texas

TEXAS, TIMEX – Jess Herbst, wali kota New Hope, Collin County, di Negara Bagian Texas memberikan pernyataan mengejutkan.

Awal pekan ini, melalui surat terbuka kepada warganya, dia mengaku sebagai seorang transgender.

Setahun terakhir, dia mulai menanggalkan status sebagai seorang lelaki dan berubah menjadi perempuan. Namun, dia belum pernah berterus terang.

“Sebagai wali kota kalian, saya harus mengatakan sesuatu yang sudah ada bersama saya sejak awal. Saya adalah seorang transgender,” tulis wali kota yang menjabat sejak Mei tahun lalu tersebut di situs resmi Kota New Hope.

Pengakuan tersebut tidak mudah. Sebab, Texas terkenal sebagai negara bagian yang konservatif. Donald Trump menang 17 poin atas Hillary Clinton di Texas saat pemilu lalu.

Herbst mengungkapkan, dirinya mulai menjalani terapi hormon dua tahun lalu. Saat itu dia tidak berpikir menjabat sebagai wali kota. Herbst ditunjuk menjadi wali kota karena pejabat sebelumnya meninggal. Keputusannya menjadi perempuan transgender didukung oleh istri, anak-anak perempuannya, dan menantunya.
Keluarga memang menjadi penyemangat utama bagi Herbst. Terlebih, putri-putrinya tidak malu dan malah bangga mengatakan kepada orang bahwa ayahnya adalah perempuan transgender.

“Yang terjadi kepada saya adalah identitas gender, bukan preferensi seksual. Saya mencintai istri saya dan dia juga mencintai saya,” ungkapnya.

Dia juga mengubah namanya yang sebelumnya Jeff menjadi Jess. Menurut dia, orang-orang di sekelilingnya mengerti keputusannya dan mendukung penuh dirinya.

Herbst mendokumentasikan perubahan dirinya dari seorang pria menjadi perempuan transgender di blog pribadinya, JessHerbst.com.

Sebelum Herbst, Phyllis Frye, seorang hakim di Houston, Negara Bagian Texas, juga melakukan hal serupa. Dia menjadi hakim pertama di Texas yang mengaku secara terbuka sebagai transgender. (BBC/Telegraph/sha/c19/any/jpnn/joo)

Click to comment

Most Popular

To Top