Gerson Poyk Dimakamkan Dekat I.H Doko – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Gerson Poyk Dimakamkan Dekat I.H Doko

KUPANG, TIMEX–Selasa (28/2) hari ini, jenazah Gerson Poyk akan dimakamkan. Sang Maestro Sastra itu akan dimakamkan di TPU Damai Kelurahan Fatukoa. Tepat di samping makam Pahlawan Nasional asal NTT, I.H Doko.

Kepada Koran ini, saudara almarhum, Richard Poyk, mengatakan, kebaktian pemakaman akan dimulai pukul 10.00 Wita di rumah duka, Jl. Dua Lontar, Kelurahan Kayu Putih. Seluruh rangkaian kegiatan pemakaman jenazah Gerson Poyk, kata Richard, akan berjalan seperti biasa. Sebab pihak keluarga tidak mendapat informasi apapun dari pemerintah (Pemprov NTT), terkait seremonial penghormatan terakhir ala pemerintah.

“Belum ada kepastian sama sekali dari pemerintah. Jadi biar kegiatannya mengalir seperti biasa. Sampai pada pemakaman di Fatukoa,” ujar Richard saat diwawancarai, Senin (27/2).

Richard menambahkan, keluarga akan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi komunitas sastra di NTT untuk berkreasi selama kegiatan pemakaman berlangsung. Sebab selama hidupnya, almarhum menghabiskan banyak waktu untuk menghasilkan karya sastra dan ‘menelurkan’ sastrawan-sastrawan muda. “Komunitas sastra mau bikin apa, terserah. Keluarga memberikan kesempatan seluas-luasnya,” katanya.

Terpisah, Wali Kota Kupang, Jonas Salean mengatakan, Gerson Poyk adalah sastrawan yang karyanya diakui secara nasional dan internasional. Sebagai penghormatan terhadap jasa almarhum, Pemerintah Kota Kupang memberikan tempat bagi keluarga untuk memakamkan Gerson, tepat di samping makam I.H Doko.

“Status Pak Gerson masih masyarakat biasa karena belum ada penetapan sebagai pahlawan nasional seperti I.H Doko. Tapi karena dia berjasa, kita rekomendasi agar beliau dimakamkan di samping makam I.H Doko,” kata Jonas saat diwawancara usai meresmikan bangunan baru Pasar Oebobo dan Pasar Oeba.

Jonas menambahkan, ada permintaan dari masyarakat agar Gerson dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Loka. Terkait hal ni, Pemkot tidak bisa masuk atau mengintervensi lebih jauh. Sebab Pemprov NTT yang berwenang untuk mengurusnya. “Untuk jadi pahlawan nasional ada mekanismenya. Tapi kita tidak urus itu. Pemprov NTT yang urus,” ungkapnya. (r2/ito)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!