Dinas PU Diminta Benahi Jalan Rusak – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Dinas PU Diminta Benahi Jalan Rusak

BUTUH PERBAIKAN. Inilah kondisi Jalan Shopping Center di Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo yang rusak, sehingga mengganggu arus lalu lintas. Diabadikan Selasa (28/2)

TOMMY AQUINODA/TIMEX

KUPANG, TIMEX – Wali Kota Kupang, Jonas Salean geram melihat aksi sejumlah anak muda yang melakukan pungutan uang dari para pengendara, yang melintas di Jl. Shoping Center, Senin (27/2). Aksi itu dilakukan dengan alasan untuk perbaikan jalan yang rusak. Dan faktanya memang anak muda memperbaiki jalan itu menggunakan campuran semen.

Buntut dari ketidaksenangannya terhadap aksi itu, Jonas dengan tegas meminta Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Beny Sain untuk membenahi seluruh jalan yang rusak/berlubang di Kota Kupang. Permintaan itu disampaikan Jonas di sela-sela memberikan sambutan saat peresmian bangunan baru di Pasar Oebobo.

Jonas mengatakan, Dinas PU Kota Kupang harus punya inisiatif dan inovasi ketika melihat ada jalan yang rusak atau berlubang. Sebab perbaikan jalan yang rusak tidak mesti harus menunggu proyek. “Kalau harus tunggu tender, orang bisa mati karena celaka. Kami sudah menuntun kalian (Dinas PU) selama lima tahun. Jadi kalian harus punya inovasi,” ujarnya kepada Beny Sain yang juga hadir saat itu.

Menurut Jonas, pungutan di jalan dengan alasan untuk perbaiki jalan yang rusak, sangat merugikan masyarakat atau pengendara yang melintas. Oleh karena itu, Dinas PU harus berupaya untuk memperbaiki jalan yang berlubang. Sehingga aksi pungutan liar dengan dalih untuk memperbaiki jalan tidak perlu terjadi. “Masa setiap orang harus dipajak di jalanan. Ini tidak baik. Jadi mari kita layani masyarakat secara baik. Bukan kita menjadi tuan di atas penderitaan rakyat,” katanya.

Kadis PU Kota Kupang, Beny Sain yang dimintai tanggapannya terkait hal ini, mengatakan, pada anggaran murni memang ada anggaran pemeliharan rutin. Dan penggunaan anggaran tersebut bisa dilakukan dengan swakelola. “Dana pemeliharaan rutin kan swakelola. Sehingga kita bisa anggarkan untuk perbaikan jalan yang rusak,” katanya.

Atas permintaan wali kota, Beny berjanji untuk secepatnya memperbaiki jalan-jalan yang rusak. Termasuk Jalan Shoping Center. “Kita akan tangani dulu baru dikalkulasi. Kita harus tangani secepatnya atas permintaan Pak Walikota sekalipun kita baru tunjuk PPK,” ungkapnya. (r2/sam)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!