Berkompetisi Secara Jujur dan Sportif – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

PENDIDIKAN

Berkompetisi Secara Jujur dan Sportif

FOKUS. Siswa fokus mengerjakan soal pada OSN tingkat SMA se-Kota Kupang tahun 2017, Selasa (14/3)

FULGEN NAILOPO/TIMEX

KUPANG, TIMEX – Sebanyak delapan SMA ikut berpartisipasi dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA se-Kota Kupang tahun 2017 yang dilaksanakan, Selasa (14/3).

Delapan sekolah yang mengikuti OSN tingkat SMA yakni SMAK Giovanni Kupang, SMA Kristen Mercusuar, SMA Negeri 1 Kupang, SMA Negeri 3 Kupang, SMA Negeri 4 Kupang, SMA NCIPS, SMA Kristen Tunas Bangsa dan SMA Kristen Citra Bangsa.

Kepala UPT Pendidikan Wilayah I Dinas Pendidikan Provinsi NTT, Saleha H Wongso dalam sambutan pembukaannya menyampaikan, pelaksanaan OSN tingkat SMA tahun 2017 untuk menumbuhkembangkan minat siswa terhadap bidang keilmunan. “Selain untuk menumbuhkembangkan minat siswa dalam keilmuan, juga menjaring siswa yang mempunyai kompetisi/kemampuan dalam bidang masing-masing sesuai yang diolimpiadekan diantaranya, matematika, fisika, kimia, informatika/komputer, biologi, astrologi, ekonomi, kebumian dan geografi,” jelasnya.

Dikatakan, Olimpiade Sains Nasional juga sebagai wadah peserta didik untuk dapat berpacu dan aktif berpikir dalam beradu kecerdasan dan juga dapat melatih para pelajar untuk membentuk sikap dan karakter yang jujur, disiplin, sportif dan kreatif dan bisa berbagi pengalaman antar sesama pelajar.

Saleha mengatakan, tujuan penyelenggaraan OSN untuk menyeleksi 188 siswa peserta dari delapan SMA agar mendapatkan peringkat 1, 2 dan 3 untuk mewakili Kota Kupang dalam OSN tingkat provinsi pada tanggal 8 April-2 Mei dan juga diharapkan bisa mewakili NTT pada OSN tingkat nasional di Pekanbaru-Riau bulan Juli-Agustus 2017.

Sementara itu, Koordinator Pengawas Khusus Wilayah I Kota Kupang, Dumuliahi Djami mengatakan, untuk pelaksanaan OSN tingkat SMA se-Kota Kupang akan ada pemeriksaan hasil oleh dua orang pengawas.

“Dalam OSN kali ini untuk pemeriksaan hasil akan ada dua orang dari tim pengawas yang melakukan pemeriksaan terhadap jawaban setiap peserta. Jadi tingkat kebenarannya menjadi 100 persen. Setelah itu akan diberikan pengumuman hasil pemeriksaan dalam waktu satu sampai dua hari. Siswa nantinya diberikan hak untuk mengajukan keberatan jika merasa dirugikan pada saat pengumuman, sehingga pengawas dan pemeriksa bisa melakukan pemeriksaan kembali untuk diperbaiki hasil pengumumannya,” jelasnya.

Terpisah, Kepala SMAK Giovanni Kupang, Romo Yasintus Efi, Pr menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Provinsi NTT yang sudah mempercayakan SMAK Giovanni menjadi tuan rumah penyelenggara OSN tingkat SMA se-Kota Kupang tahun 2017.

“Kami pihak sekolah berterima kasih karena sudah mempercayakan kami sebagai tuan rumah. Kami juga telah mempersiapkan sembilan ruangan yang akan digunakan pada saat olimpiade dan juga ruang sekretariat bagi tim pengawas dan pemeriksa. Saya kira setiap peserta yang datang adalah mereka yang terbaik disekolahnya. Sehingga sudah pasti akan memunculkan kompetisi yang cukup ketat. Disamping itu kami SMAK Giovanni Kupang tetap yakin agar siswa bisa memberikan hasil yang terbaik untuk dapat mewakili Kota Kupang pada tahap selanjutnya,” jelas Romo Yasintus. (mg26/ays)

Click to comment

Most Popular

To Top