PNK Harus Tingkatkan Produktivitas – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

PNK Harus Tingkatkan Produktivitas

CENDERAMATA. Konsul Jenderal Australia, Richard Mathews menyerahkan cenderamata kepada Pudir III Politeknik Negeri Kupang, Jermias Alang, pada acara kuliah umum di auditorium PNK, Rabu (15/3).

FENTI ANIN/TIMEX

Kuliah Umum Konsul Jenderal Australia

KUPANG, TIMEX – Konsul Jenderal Australia, Richard Mathews memberi kuliah umum kepada ribuan mahasiswa Politeknik Negeri Kupang (PNK), Rabu (15/3). Kuliah umum mengambil tema, ‘Australia-Indonesia Relationship in Globalized World’.

Kuliah umum yang digelar di gedung auditorium PNK, Richard Mathews mengatakan, globalisasi telah membuat orang gampang sekali berkomunikasi dengan orang lain. Sarana transportasi udara pun makin lancar.

Namun, kata Richard Mathews, PNK harus meningkatkan produktivitasnya kalau mau bersaing di dunia kerja. Peran PNK sebagai politeknik sangat penting dalam menciptakan pelaku usaha dan pekerja.

Richard menjelaskan, sebanyak 9.000 orang Indonesia kini belajar di Australia. Umumnya mengambil kursus dan kuliah strata dua (S2). Bidang pelajaran yang paling populer bagi mahasiswa asal Indonesia adalah bisnis dan manajemen sebesar 75,1 persen dan jasa hospitality sebanyak 13,7 persen.

Pihaknya berharap, Politeknik Negeri Kupang bisa membangun kerja sama dengan politeknik yang ada di Australia. Sehingga, bisa menciptakan tenaga teknis yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia kerja. Karena yang ada selama ini adalah kerja sama universitas dengan metode pendidikan yang berbeda dengan politeknik.

Ketika disinggung para mahasiswa dalam sesi tanya jawab tentang beasiswa, Richard mengatakan, beasiswa yang disiapkan bagi mahasiswa Indonesia terutama Indonesia bagian Timur, sangat banyak. Hanya saja, salah satu syarat utamanya harus bisa berbahasa Inggris.

Sementara Ketua Jurusan Internasional PNK, Adrianus Amheka mengatakan, kuliah umum Konsul Jenderal Australia bertujuan agar civitas akademika PNK mengetahui gambaran ataupun tren harmonisasi serta mutualisasi yang terjalin antara Indonesia dan Australia. Selain itu, memperkenalkan PNK untuk pengembangan jejaring kemitraan dengan lembaga pemerintah dalam dan luar negeri.

“Selain dengan Australia, PNK juga bekerja sama dengan beberapa negara lainnya. Kerja sama yang dibangun diharapkan bermanfaat bagi pengembangan pendidikan yang lebih berkualitas di PNK,” katanya. (mg25/ays)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!