Anggaran Sudah Mantap – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Anggaran Sudah Mantap

Diluncurkan 25 April

KUPANG, TIMEX – Bertepatan dengan hari jadi Kota Kupang sebagai daerah otonomi pada 25 April mendatang, Pemerintah Kota Kupang akan meluncurkan tiga program. Diantaranya, penambahan alokasi dana pemberdayaan ekonomi masyarakat (dana PEM) sebesar Rp 250 juta untuk tiap-tiap kelurahan. Subsidi air bersih bagi pelanggan PDAM Kota Kupang sebesar Rp 1.500 per meter kubik. Dan, pelayanan pengobatan gratis berbasis KTP atau yang sering disebut dengan Program KTP Sehat.

Khusus untuk program KTP Sehat, Wali Kota Kupang, Jonas Salean, mengatakan, semua persiapan teknis sudah dilakukan Pemkot. Termasuk kesiapan soal anggaran melalui APBD untuk membiayai program ini. “Seluruh pendanaan dibiayai oleh Pemkot menggunakan APBD. Semuanya sudah siap, tinggal diluncurkan pada HUT Kota Kupang nanti,” ujar Jonas saat diwawancara di Balai Kota, Senin (20/3).

Dengan program KTP Sehat, Jonas pastikan masyarakat Kota Kupang bisa berobat secara gratis di semua fasilitas pelayananan kesehatan milik Pemkot. Diantaranya, puskesmas pembantu (Pustu), Puskesmas dan RSUD S. K. Lerik. “KTP Sehat bukan saja untuk berobat gratis. Tapi pasien yang rawat inap di rumah sakit juga gratis,” kata mantan Sekda Kota Kupang ini.

Jonas menambahkan Program KTP Sehat hanya diperuntukan bagi penduduk atau warga Kota Kupang yang dibuktikan dengan kepemilikan dokumen kependudukan atau surat identitas. Seperti KTP dan Kartu Keluarga. “Bagi anak-anak yang mau berobat, maka orangtua wajib sertakan Kartu Keluarga. Kita pastikan yang berobat gratis memang benar-benar warga kota,” katanya.

Jonas juga yakin masyarakat dari luar Kota Kupang tidak mungkin memalsukan identitas diri agar bisa mengakses layanan kesehatan secara gratis di fasilitas kesehatan milik Pemkot. Sebab, Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam KTP dan Kartu Keluarga sama dan hanya satu. “NIK bagi seluruh masyarakat tidak akan mengalami perubahan. Dengannya kita bisa pastikan seseorang itu warga Kota Kupang atau bukan. Jadi tidak ada masalah,” ungkapnya. (r2/sam)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!