Kota Raja Fokus Bidang Infrastruktur dan Ekonomi – timorexpress.fajar.co.id

timorexpress.fajar.co.id

RAGAM

Kota Raja Fokus Bidang Infrastruktur dan Ekonomi

BAHAS PROGRAM. Anggota DPRD Kota Kupang, Meery Salouw (dua dari kiri) sedang membahas program pada Musrenbangcam Kota Raja yang dihadiri Wali Kota Kupang, Jonas Salean dan Camat Kota Raja, Muhammad Khairil (kanan), Senin (20/3).

IMRAN LIARIAN/TIMEX

Musrenbangcam Tahun 2017

NAIKOTEN 1, TIMEX – Pemerintah Kecamatan Kota Raja menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) di aula Kantor Camat Kota Raja, Senin (20/3).

Kegiatan rutin tahunan tersebut dihadiri oleh Wali Kota Kupang, Jonas Salean, Camat Kota Raja, Muhammad Khairil, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkot Kupang, para lurah dan delegasi setiap kelurahan se- Kecamatan Kota Raja.

Turut hadir, anggota DPRD Kota Kupang dapil Kecamatan Kota Raja, Yapi Pingak, Moudy Dengah, Mery Salouw dan Viktor Haning.

Musrenbangcam berlangsung lancar dengan mengusung tema, “Peningkatan Kualitas Infrastruktur Pelayan Publik dan Penguatan Ekonomi Perkotaan Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Wali Kota Kupang, Jonas Salean dalam sambutannya ketika membuka kegiatan tersebut, mengatakan Musrenbangcam merupakan forum untuk membahas program yang nantinya akan direalisasi pada tahun 2018.

Dengan waktu yang tersisa, Wali Kota katakan program yang telah dijanjikan akan terus dilaksanakan.

Terkait dengan hal tersebut, tepatnya pada HUT Kota Kupang pada 25 April mendatang akan di-launching pelayanan kesehatan dengan menggunakan KTP dan Raskin Plus, sedangkan Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat akan terus berjalan.

“Kami juga akan memberikan gaji para RT/RW pada HUT Kota Kupang,” ujar Jonas.

Anggota DPRD Kota Kupang, Yapi Pingak pada kesempatan itu mengatakan semua aspirasi pada Musrenbangkel dan Musrenbangcam adalah program prioritas karena telah disinkronisasikan dengan visi misi dari kepala daerah.

Oleh sebab itu sebagai anggota DPRD Kota Kupang, Yapi Pingak katakan dirinya tidak mengalami kesulitan untuk mengawal semua aspirasi masyarakat, karena sudah sesuai dengan nomenklatur dari pemerintah pusat sampai pada kabupaten/kota.

“Karena kalau kita mau harap dana APBD Kota Kupang tidak mencukupi untuk menjawab aspirasi masyarakat dari setiap kelurahan,” sebut Yapi.

Politikus Partai Hanura itu melanjutkan, peningkatan sumber daya manusia (SDM) warga Kota Kupang harus terus dilakukan secara bertahap, sehingga menjadi efek domino pada setiap pembangunan yang ada di Kota Kupang.

“Efek domino adalah bagaimana masyarakat menjadi penyangga atau distributor yang dibiayai oleh lembaga-lembaga keuangan seperti Dana Pemberdayaan Masyarakat, Dana Anggur Merah, Program Kota-Ku dan ditambah dengan koperasi,” kata Yapi.

“Akhir dari hal-hal tersebut akan melahirkan suatu pembangunan yang merupakan landscape Kota Kupang,” lanjutnya.

Sementara itu, Camat Kota Raja, Muhammad Khairil mengatakan Musrenbangcam sebagai forum bagi pemerintah kecamatan untuk mengakomodir setiap usulan yang telah ditampung pada Musrenbangkel yang digelar pada masing-masing kelurahan.

Pada Musrenbangcam kata Muhammad Khairil, juga telah dibahas program-program yang masuk dari setiap kelurahan untuk menghasilkan program prioritas.

Sementara itu, Musrenbangcam Kota Raja memprioritaskan program fisik yakni infrastruktur berupa sarana prasarana dan bidang ekonomi dan sosial budaya.

“Usulan fisik yang masuk seperti pembangunan gedung kantor lurah dan tanggul penahan,” jelas Muhammad Khairil. (mg22/joo)

Click to comment

Most Popular

To Top