Penuntasan PAUD 1 Tahun Pra Sekolah – TIMOREXPRESS.COM

TIMOREXPRESS.COM

PENDIDIKAN

Penuntasan PAUD 1 Tahun Pra Sekolah

POSE BERSAMA. Direktur Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Haris Iskandar bersama Bupati Kupang, Ayub Titu Eki pose bersama peserta usai sosialisasi Penuntasan Ikut PAUD 1 Tahun pra SD, di Oelamasi, Rabu (15/3).

IST

Program Pengembangan PAUD Holistik Integratif

OELAMASI, TIMEX – Direktur Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Haris Iskandar saat sosialisasi Penuntasan Ikut PAUD 1 Tahun pra SD, di Oelamasi, Rabu (15/3) mengapresiasi sikap Bupati Kupang, Ayub Titu Eki yang begitu bersemangat dan responsif dalam menerima program pengembangan PAUD Holistik Integratif. Sehingga, program tersebut dapat berjalan di Kabupaten Kupang.

“Untuk mencapai perubahan, menuntut kita komunitas untuk kompak dan solid berperan dalam memajukan kualitas hidup masyarakat lewat pengembangan PAUD berintegritas dan berkualitas,” kata Haris.
Haris mengatakan, sangat penting dalam rangka mendukung peningkatan kualitas SDM di Kabupaten Kupang yang lebih handal dan berkualitas dimulai dari pendidikan anak usia dini. Tantangan akselerasi perkembangan teknologi merupakan realita nyata yang perlu diperhatikan segenap elemen, baik pemerintah maupun masyarakat.

“Kecenderungan yang tergantung dengan ilmu teknologi seperti gadget semakin mewabah dan jika tidak difungsikan secara baik, dapat menyerang generasi kita dan memberikan dampak buruk,” tegasnya.

Menurutnya, PAUD harus menjadi investasi berharga bagi negara dalam mendukung pembentukan SDM yang berkarakter kuat, berkualitas, handal dan siap memasuki persaingan abad ini. Peran lingkungan sendiri menurutnya, sangat penting dalam perkembangan mental dan karakter anak karena lingkungan menentukan kualitas hidup anak yang menjadi tanggung jawab orang tua, guru maupun pemerintah.

Sementara, Bupati Kupang, Ayub Titu Eki menegaskan, pembangunan SDM yang berkualitas tidak dapat dilakukan seorang diri. Perlu kolaborasi dan dukungan dari semua pihak diantaranya pemerintah, pihak sekolah, komite dan orang tua untuk menyukseskan pendidikan PAUD demi perbaikan kualitas SDM di Kabupaten Kupang.
Menurutnya pengembangan SDM melalui pendidikan PAUD merupakan sebuah loncatan agar dapat keluar dari keterbelakangan.

Ayub menilai, PAUD harus menjadi model yang mempengaruhi masyarakat bahwa pendidikan berkualitas, bukan sebuah institusi biasa semata. PAUD dapat dilihat sebagai sebuah program yang berkualitas, di mana anak-anak yang dididik telah menerima pola pendidikan yang baik dan berkualitas.

Ditambahkan, dirinya akan mengeluarkan perbup yang intinya menggerakan para camat dan kades untuk terlibat dan ambil bagian dalam mendukung pengembangan PAUD berintegritas, sehingga PAUD tidak hanya menjadi program semata, tapi memberikan nilai-nilai perubahan kualitas SDM ke arah yang lebih baik.

Dirinya berharap, PAUD menjadi lembaga yang dibina dan ditingkatkan kualitasnya terus-menerus dan menarik minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di PAUD. Karena dianggap sukses mendidik anak-anak usia dini baik dari segi intelektual pengetahuan, mental dan karakternya sehingga mempersiapkan generasi bangsa yang lebih baik.
Ayub mengucapkan limpah terima kasih atas dukungan penuh yang diberikan pemerintah pusat melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat dalam menyukseskan PAUD di Kabupaten Kupang dan diharapkan dapat menjadi model PAUD di Indonesia.

Direktur Pembinaan PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan PAUD, Ella dalam laporannya menjelaskan, beberapa kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan diantaranya sosialisasi pengembangan PAUD, pelatihan implementasi kurikulum tahun 2013 dan pelatihan penulisan modul yang dilatih oleh tim dari Jakarta maupun pamong dari Kupang sesuai kebermanfaatan bagi anak-anak Kabupaten Kupang serta penandatanganan komitmen camat untuk menyukseskan PAUD minimal 1 tahun pra SD.

Peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi mencakup guru-guru PAUD maupun pihak yang terlibat dalam pengembangan pendidikan PAUD.

Kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerja sama Pemkab Kupang dengan Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat. Kegiatan dihadiri Bupati Kupang, Ayub Titu Eki, Ketua TP PKK Kabupaten Kupang, Christina Titu Eki, Kabid Pengembangan Unicef, Hiroyuki Hatori, Direktur Pembinaan PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan PAUD, Ella dan para camat se-Kabupaten Kupang. (ays)

Click to comment

Most Popular

To Top