Umbu Kupang Daftar ke Gerindra – Timor Express

Timor Express

POLITIK

Umbu Kupang Daftar ke Gerindra

CARI PINTU. Umbu Kupang (kiri) menyerahkan berkas pendaftaran ke
Panitia pendaftaran bakal calon bupati/wabup Sumteng, di DPC Gerindra Sumteng, Rabu (12/4).

IST

Maju di Pilkada Sumteng

KUPANG, TIMEX-Untuk lolos sebagai calon Bupati Sumba Tengah (Sumteng) periode 2018-2023, Umbu Sappy Samapaty yang akrab disapa Umbu Kupang terus berusaha menggalang kekuatan partai pengusung. Untuk itu, Rabu (12/5) siang, bertolak dari tanah leluhurnya di Kabonduk, Umbu Kupang mengajukan lamaran dengan mendaftar ke Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Sumteng. Saat mendaftar sosok yang juga pengusaha tambang ini tak datang sendiri. Ia diantar oleh keluarga dan kerabatnya lebih kurang 500 orang. Kedatangan Umbu Kupang diterima panitia pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati Sumteng, yakni Elvis Umbu Kamodu (Ketua), Benhard Umbu Djaga (Sekretaris), dan tiga anggota masing-masing Emilia Rambu Baba, Benyamin Umbu Djaga Deta, dan Syaiful Ahmad Milla.

Kepada koran ini Kamis (13/4), Umbu Kupang mengatakan, dengan mendaftar ke Partai Gerindra Sumteng, berarti sudah dua partai yang dia ajukan lamaran. Sebelumnya Umbu Kupang mendaftar ke PDI Perjuangan.

Umbu Kupang mengatakan, dirinya melamar ke PDIP dan Gerindra karena untuk diusung sebagai calon bupati Sumteng, harus ada koalisi partai. Pasalnya, seluruh partai pemilik kursi di DPRD Sumteng, tidak ada satupun yang bisa mengusung sendiri calonnya sehingga harus berkoalisi. “Karena itu saya mengajukan lamaran dengan mendaftar ke PDI Perjuangan dan Partai Gerindra,” ungkap Umbu Kupang.

Umbu Kupang juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua DPC Gerindra Sumteng, Melkianus Suruk serta panitia pendaftaran dan seluruh pengurus DPC yang telah menerima dirinya sebagai salah satu bakal calon Bupati Sumba Tengah periode 2018-2023 untuk diikutkan dalam seleksi pencalonan.

Saat ditanyai apa motivasi maju dalam Pilkada Sumteng, Umbu Kupang mengaku terpanggil ingin membangun kampung halamannya. “Saya ingin membuka peluang investasi masuk ke Sumteng. Pak Bupati Umbu Sappy Pateduk telah meletakkan fondasi pemerintahan yang bagus di Sumba Tengah sehingga ke depan tinggal membuka peluang investasi di bidang pertanian, perkebunan, kelautan, pariwisata, pendidikan, kesehatan dan lainnya,” ungkapnya.

Dan investasi, lanjut Umbu Kupang, akan masuk bila keamanan terjamin. “Saya sudah tau apa yang harus saya lakukan. Dengan bekal pengalaman sebagai praktisi hukum juga menggeluti usaha investasi, saya mempunyai jaringan yang baik ke nasional juga punya teman-teman investor yang siap membantu bangun Sumteng,” beber Umbu yang menambahkan, meski dirinya terjun di industri pertambangan sebagai salah satu pengusaha tambang, dirinya tak akan membangun Sumteng dengan investasi tambang. “Sumba Tengah bukan daerah tambang karena potensi juga kandungannya sangat kecil, sehingga untuk membangun, saya akan andalkan potensi yang ada seperti pertanian, perkebunan, kelautan dan pariwisata,” ungkapnya.

Karena itu, Umbu Kupang berharap, dirinya bisa dipertimbangkan untuk dicalonkan menjadi calon Bupati Sumba Tengah dari Partai Gerindra.
Umbu Kupang menyebutkan, dirinya mendaftar secara perseorangan. Belum dengan pasangan calon wakil bupatinya. “Saya mendaftar secara perseorangan, untuk calon wakil bupati nanti kita lihat survei yang dilakukan partai,” ungkapnya.

Berdasarkan rekapan hasil pendaftaran yang diperoleh koran ini Kamis (13/4), nama Umbu Samapaty berada diurutan ke-9 pada lembaran yang ditandatangani Ketua DPC Gerindra Sumteng, Melkianus Suruk.

Dalam daftar itu, terdapat sejumlah nama, baik yang mendaftar secara perorangan juga langsung dengan calon wakilnya. Diantaranya,
Paulus S.K. Limu berpasangan dengan Daniel Landa, Umbu Dondo berpasangan dengan Samuel S. Pekulimu, Umbu Besi berpasangan dengan Umbu Windi, Umbu Nggiku berpasangan dengan Umbu Katanga, Mayor Inf (Purn) Danial Ledi Kodi berpasangan dengan Lambertus Ibi Riti, dan Marthinus U. Djoka berpasangan dengan Melky Umbu Hunggar. Diurutan ketujuh ada pasangan Agustinus Umbu Sorung berpasangan dengan Chris Umbu Riada, dr. Umbu Marisi berpasangan dengan Tagela Ibisola serta Umbu S. Samapaty. Dari daftar ini, hanya Umbu Samapaty yang masih mendaftar tanpa pasangan. Selanjutnya untuk pasangan pertama hingga keenam sebelumnya juga telah mendaftar ke PDI Perjuangan bersama Umbu Samapaty. (aln)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!