Siapkan Tim Sekolahmu, Daftarkan Segera – Timor Express

Timor Express

SPORTIVO

Siapkan Tim Sekolahmu, Daftarkan Segera

FINAL PARTY 2016. Inilah suasana final party Honda DBL East NUsa Tenggara Series 2016 antara tim putri SMAK Giovani menghadapi tim putri SMAN 3 Kupang, d GOR Flobamora Oepoi Kupang.

RUDY MANDALLING/TIMEX

Pendaftaran Dibuka Hingga 31 Mei 2017

KUPANG,TIMEX – Gong persaingan antar tim Basket dan tim dance sekolah di ajang Honda DBL 2017 di 25 Kota di 22 Provinsi se Indonesia, telah di tabuh sejak bulan Maret lalu di Jakarta.

Khusus untuk Honda DBL East Nusa Tenggara Series 2017 di Kupang, baru akan digulirkan pada akhir September nanti, tepatnya tanggal 25-30 September 2017 di GOR Flobamora Oepoi Kupang.

Walaupun Honda DBL East Nusa Tenggara Series 2017 baru bergulir bulan September nanti, namun proses pendaftaran peserta telah dibuka sejak tanggal 5 April dan akan berakhir pada 31 Mei 2017 nanti.

Dimajukannya pendaftaran peserta ini, menurut ketua panitia Marthen Bana adalah untuk mengakomodir beberapa perubahan regulasi yang diberlakukan tahun ini, terutama menyangkut aturan tentang pemain yang dibolehkan tampil di ajang Honda DBL East Nusa Tenggara Series 2017.

Dijelaskannya sesuai regulasi Honda DBL East Nusa Tenggara Series 2017 pemain yang didaftarkan setiap sekolah adalah pelajar kelas X dan XI tahun ajaran 2016 – 2017 ketika terdaftar di masa pendaftaran Honda DBL East Nusa Tenggara Series 2017.

“Jadi pelajar yang didaftarkan tetap siswa kelas X dan XI seperti regulasi-regulasi sebelumnya. Namun yang berbeda tahun ini, saat perandingan di ajang Honda DBL East Nusa Tenggara Series 2017 bulan september nanti, siswa kelas XI
sudah akan duduk di kelas XII,” bebernya.

Karena itu, pendaftaran dibuka lebih awal, sehingga saat seorang pelajar didaftarkan pihak sekolah, pelajar tersebut masih duduk di kelas XI.

“Intinya sebelum proses kenaikan kelas, pelajar tersebut sudah terdaftar sebagai peserta, sehingga saat bermain walaupun siswa tersebut naik ke kelas XII tidak menjadi persoalan,” terangnya.

Khusus untuk siswa atau pelajar yang saat ini telah duduk di kelas XII tahun ajaran 2016 – 2017 tetap dilarang ikut.
Dan bagi pelajar yang pernah tidak naik kelas lanjutnya, tetap dilarang mengikuti Honda DBL East Nusa Tenggara Series 2017.

“Demikian pelajar kelas X dan XI yang telah didaftarkan oleh pihak sekolah pada masa pendaftaran Honda DBL East Nusa Tenggara Series 2017, namun tidak naik kelas, maka pelajar yang bersangkutan tidak berhak mengikuti Honda DBL East Nusa Tenggara Series 2017,” jelasnya

Bila hal seperti ini, terjadi tentunya akan mengakibatkan jumlah pemain berkurang, Namun, tim yang bersangkutan akan diizinkan untuk mengganti pemain yang bersangkutan.

“Kita harap regulasi ini di pahami dengan baik sehingga tidak terjadi kesalahan dalam proses pendaftaran,” ingatnya.

Regulasi lainnya, tidak berbeda jauh, dimana Umur maksimal pemain Honda DBL East Nusa Tenggara Series 2017 adalah 18 tahun per 1 Juli 2017 (lahir setelah atau pada 1 Juli 1999).
Selain itu, setiap peserta yang difatarkan wajib menyerahkan nilai rapor terakhir (nilai kognitif) pemain. Dan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika jika dirata-rata harus lebih dari atau sama dengan 6 (rata-rata =) dan tidak boleh ada nilai 4 di tiga mata pelajaran tersebut.

Tiap peserta Honda DBL East Nusa Tenggara Series 2017 wajib menyertakan, Fotokopi Kartu Pelajar yang masih berlaku/fotokopi halaman identitas diri di rapor, Fotokopi Rapor SMA sejak awal tahun ajaran pertama, Fotokopi STTB SMP (STTB asli wajib ditunjukkan ketika mendaftar), Surat rekomendasi dari pihak sekolah yang bersangkutan, file pas foto (ekstensi JPG yang sudah diberi nama lengkap beserta jabatan) baik pemain maupun ofisial, Formulir pendaftaran dalam bentuk cetak dan soft copy, fotokopi akte kelahiran, rincian biaya pendidikan yang dilengkapi dengan tanda tangan Kepala Sekolah dan stempel sekolah yang bersangkutan

Peserta Honda DBL East Nusa Tenggara Series 2017 juga tidak diperbolehkan memakai tato (baik permanen maupun temporary), tindik, dan sebagainya.

“Regulasi lengkapnya akan di kirim ke setiap sekolah, untuk di pelajari sekaligus sebagai panduan setiap sekolah untuk mempersiapkan timnya,” jelas Marthen.

Selain mendaftarkan tim basket putra dan putri, setiap sekolah juga diberikan kesempatan untuk mendaftarkan tim dance yang akan mendampingi tim basket saat kompetisi nanti.

“Dance ini memang memiliki kompetisi sendiri, namun setiap sekolah wajib mendaftarkan tim dance, karena tim dance ini harus ikut mendampingi tim basket sekolahnya saat bertanding,” katanya lagi.

Selain itu, masih ada kompetisi Loop 3×3 Competition, dimana setiap tim terdiri dari maksimal 4 orang pemain/tim. Peserta loop 3×3 tidak diboleh merangkap sebagai pemain tim lain, panitia, dan petugas pertandingan.

Setiap sekolah boleh mendaftarkan lebih dari satu tim, dengan syarat pelajar tingkat SMA/sederajat kelas X, XI, XII tahun ajaran 2017-2018.

“Untuk loop 3×3 Pelajar kelas X,XI dan kelas XII tahun ajaran 2017-2018 dibolehkan ikut berpartisipasi. Namun, pelajar yang pernah tidak naik kelas di tingkat SMA/sederajat tidak diperkenankan mengikuti Loop 3X3 Competition ini,” imbuhnya.

Marthen berharap setiap setiap sekolah mulai melakukan seleksi pemain dan membentuk tim dance agar bisa segera di daftarkan.(rum)

Click to comment

Most Popular

To Top