Kajati Pastikan Tersangka Baru – Timor Express

Timor Express

HUKUM

Kajati Pastikan Tersangka Baru

ILUSTRASI: MARTEN LADO/TIMEX

Kasus Tambak Garam dan Embung di Sarai

KUPANG, TIMEX-Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) NTT, Sunarta memastikan adanya tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi proyek tambak garam dan pembangunan embung di Kabupaten Sabu Raijua (Sarai).

“Untuk kasus proyek pembangunan tambak garam masih akan ada penambahan tersangka termasuk kasus proyek pembangunan 100 embung. Kita lihat saja dari keterangan yang diberikan para saksi dan tersangka saat diperiksa penyidik,” ujar Sunarta sambil mengumbar senyum saat ditanyai koran ini terkait pengembangan kasus dugaan korupsi tersebut di Kantor Kejati NTT, Selasa (17/4).

Sunarta menjelaskan, untuk memastikan adanya tersangka baru dalam dua kasus dugaan korupsi tersebut, penyidik Kejati NTT intens melakukan pemeriksaan terhadap para saksi. Untuk diketahui, dalam dua kasus ini, Kejati NTT telah menetapkan tiga pejabat di Pemkab Sarai sebagai tersangka, yakni Lewi Tandirura, Nico R. Tari dan Lay Rohi. Ketiganya terus diperiksa penyidik Kejati NTT.

Sebagaimana terpantau koran ini, Selasa (18/4) siang sekira pukul 11.30, Kepala Dinas PU Sarai (non aktif) yang juga menjabat sebagai KPA dan PPK proyek pembangunan 100 embung, Lay Rohi dan Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Sekdisperindag) non aktif sekaligus PPK proyek pembangunan tambak garam, Nico R. Tari kembali diperiksa penyidik Tipidsus Kejati NTT.

Proses pemeriksaan yang dilakukan ini selain untuk merampungkan berkas kedua tersangka juga untuk menggali informasi tambahan terkait dengan kedua kasus besar di Sarai itu.

Pantauan koran ini kemarin, tersangka Nico R. Tari diperiksa penyidik Tipidsus Kejati NTT, Andrew P. Keya. Sementara tersangka Lay Rohi diperiksa penyidik Benfrid Foeh. Kedua tersangka ini ketika diperiksa didampingi penasihat hukumnya, Yohanis D. Rihi, Mel Ndaumanu, Lesly Anderson Lay, dan Lexi Tungga.

Lay Rohi sempat mengaku mengalami gangguan kesehatan. Namun, karena kondisinya masih stabil maka pemeriksaan tetap dilakukan.

Kajati NTT, Sunarta kembali menegaskan, saat ini pihaknya gencar memeriksa saksi serta tersangka untuk kasus proyek pembangunan tambak garam dan pembangunan 100 embung di Kabupaten Sarai. “Penyidik Tipidsus kita terus melakukan pemeriksaan sekaligus pemberkasan. Selain untuk merampungkan berkas para tersangka, penyidik kita juga terus menggali informasi baru untuk kedua kasus ini dari para saksi serta tersangka,” tegas mantan Wakajati Sulsel ini.

Disinggung terkait peluang penambahan tersangka baru dalam kedua kasus itu, Sunarta menegaskan, peluang penambahan tersangka masih terbuka lebar.
Dikatakan juga, proses pemberkasan terus dilakukan untuk ketiga tersangka yang sudah ditahan. Dua tersangka untuk proyek pembangunan tambak garam yakni Lewi Tandirura dan Nico R. Tari serta satu tersangka untuk proyek pembangunan 100 embung yakni Lay Rohi.

“Setelah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan para tersangka harus segera diperiksa dan berkasnya dirampungkan. Karena waktu penahanan mereka juga terus bergulir,” pungkas Sunarta. (gat/ito)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!