Pasien Penyakit Jantung Terus Bertambah – TIMOREXPRESS.COM

TIMOREXPRESS.COM

KESEHATAN

Pasien Penyakit Jantung Terus Bertambah

DISKUSI. Direktur RS Siloam dr. Hans Lie didampingi
Kepala Dapertemen Radiologi RS Siloam dr. Edwin H. Panjaitan saat memaparkan materi tentang Deteksi Dini Penyakit Jantung Koroner di ruang rapat RS Siloam, Rabu (19/4).

Fenti Anin/Timex

RS Siloam Buka Pemeriksaan CT Scan

KUPANG, TIMEX – Rumah Sakit Siloam Kupang membuka pemeriksaan jantung koroner dengan CT Scan Calcium Score. Pemeriksaan ini dilakukan selama dua bulan, yakni April dan Mei.

Hal ini disampaikan Direktur RS Siloam Kupang, dr. Hans Lie, Rabu (19/4) di RS Siloam.
Ia mengatakan pasien yang datang ke RS Siloam untuk memeriksa kesehatan jantung cukup tinggi. Jumlahnya terus meningkat dari waktu ke waktu. Menurutnya, penyakit jantung koroner biasanya disebabkan karena kolesterol tinggi, diabetes, tekanan darah tinggi dan mempunyai riwayat keluarga dengan penyakit jantung.
Ia menjelaskan, hal ini tentu sangat berbahaya jika tidak dilakukan pemeriksaan secara baik. Jika dulu penyakit jantung koroner hanya menyerang usia 35 tahun ke atas, sekarang sudah banyak pasien berusia 20-an tahun.

Sebagai bentuk pencegahan penyakit jantung koroner, RS Siloam Kupang mengajak masyarakat untuk melakukan deteksi awal. Salah satunya dengan cara CT Scan Calcium Score menggunakan alat CT Scan 128 Slice.

Sementara itu, Kepala Departemen Radiologi RS Siloam, dr. Edwin H. Panjaitan mengatakan, penyakit jantung koroner bisanya menyerang perokok dan memiliki pola hidup yang kurang baik serta yang kurang berolahraga.

Gejala awal penyakit jantung yaitu rasa nyeri di dada yang kemudian hilang saat beraktivitas. Banyak orang yang mengabaikan gejala ini, akibatnya angka kematian akibat penyakit jantung koroner terus meningkat.

Selain itu, RS Siloam Kupang memberi diskon kepada masyarakt yang ingin memeriksa jantungnya dari biasanya Rp 1.500.000 menjadi hanya Rp 199.000 sampai akhir Mei 2017.
Edwin mengatakan bagi masyarakat yang ingin memeriksakan jantungnya agar segera datang di RS Siloam Kupang karena promo yang ditawarkan hanya sampai bulan Mei nanti. Aksi ini digelar atas dasar kepedulian RS Siloam terhadap kesehatan masyarakat dan sebagai peringatan Hari Kesehatan Nasional.

Disebutkan, pemeriksaan jantung hanya memakan waktu 10-15 menit. Pasien akan disinar menggunakan radiasi dengan dosis yang rendah, sehingga aman bagi organ tubuh. “Meski demikian pemeriksaan ini tidak dianjurkan bagi ibu hamil karena efek radiasinya,” katanya.

Menurut Edwin, CT Scan Calcium Score dilakukan dengan menggunakan Sinar X secara langsung ke jantung dengan tujuan untuk melihat kondisi pembuluh darah koroner manusia. Bila memang ada sumbatan atau plak kalsium di pembuluh darah dosis rendah, pasien dapat langsung berkonsultasi dengan sejumlah spesialis terkait sebagai bentuk tindaklanjutnya.

Pemeriksaan CT Scan dapat dilakukan setahun sekali karena semakin tinggi risiko penyakit jantung koroner, akan lebih baik bila rutin melakukan pemeriksaan calcium score. (mg25/sam)

Click to comment

Most Popular

To Top