Penahanan Sekda TTS Dipindahkan ke Kupang – TIMOREXPRESS.COM

TIMOREXPRESS.COM

RAKYAT TIMOR

Penahanan Sekda TTS Dipindahkan ke Kupang

SOE, TIMEX – Mempermudah dan memperlancar jalannya sidang, tersangka dugaan korupsi dana pelantikan bupati dan wakil bupati TTS serta dugaan korupsi dana peresmian kantor bupati TTS yakni Sekretaris Daerah (Sekda) TTS, Salmun Tabun akan dipindahkan dari Lapas SoE ke Lapas Kupang.

Kepala Kejaksaan Negeri TTS, Oscar Douglas Riwu ketika dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Selasa (18/4) menjelaskan, pemindahan tersangka dari Lapas SoE ke Lapas Kupang tidak ada maksud lain, selain untuk memperlancar persidangan. Pasalnya, kasus tersebut telah melimpahkan ke Pengadilan Tipikor Kupang. Diperkirakan, paling lambat dua atau tiga pekan lagi Sekda TTS yang saat ini telah dinonaktifkan dari jabatannya akan segera disidangkan.

“Kami akan pindahkan ke Lapas Kupang ketika sidang pertama dimulai dan setelah sidang akan kami titipkan di Lapas Kupang,” katanya.
Ketika ditanya apakah ada permohonan penangguhan penahanan dari pengacara tersangka, Oscar menjelaskan, pada 10 April lalu, pengacara tersangka mengajukan permohonan penangguhan penahanan. Namun saat itu pihaknya berkantor secara fakultatif, sehingga permohonan tersebut baru akan didisposisi ke Pengadilan Tipikor Kupang, karena kasus tersebut telah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Kupang sehingga yang berwenang memberikan penangguhan penahanan adalah Pengadilan Tipikor Kupang.

“Waktu ajukan permohonan penangguhan penahanan, kami sudah limpahkan kasus itu di Pengadilan Tipikor Kupang. Jadi kami sudah tidak lagi punya kewenangan untuk memberikan penangguhan. Pengajuan permohonan penangguhan penahanan, juga bertepatan dengan libur Paskah sehingga saya baru mau tindak lanjuti hari ini (Selasa 18/4, red),” terang dia. (yop/ays)

Click to comment

Most Popular

To Top