Pengguna dan Pengedar Sabu Asal Bajawa Diciduk – Timor Express

Timor Express

HUKUM

Pengguna dan Pengedar Sabu Asal Bajawa Diciduk

EKSPOSE. (kiri ke kanan) Kabid Humas Polda NTT, AKBP Jules Abast, Ditnarkoba Polda NTT, Kombes Pol.Turman S.Siregar Kasubdit I Ditnarkoba Polda NTT, AKBP Jeck Seubelan saat konfrensi pers terkait pengungkapan jaringan narkotika di Bajawa dengan tersangka Vekki Subun (belakang tengah), Rabu (19/4).
INZERT. Sejumlah barang bukti yang berhasil diamankan dari tangan tersangka Vekki Subun.

GATRA BANUNAEK/TIMEX

Amankan Satu Paket Sabu-sabu, Bong dan Timbangan Digital

Pengedar TW Masih DPO

KUPANG, TIMEX– Satu lagi jaringan narkotika ditingkat Kabupaten yakni di Kabupaten Ngada, ditangkap aparat Ditnarkoba Polda NTT. Dia adalah Vekki Subun, 31, warga Jalan S.Parman, RT 01/RW 01, Kelurahan Lebijaga, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada. Vekki Subun ditangkap pada Rabu (12/4) pekan kemarin sekira pukul 11.05 bertempat di rumahnya sekaligus tempat usahanya, Toko Viktory. Saat ini, status Vekki Subun sudah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat Pasal 112 ayat (1) Undang-undang RI Nomor 35/2009 tentang narkotika.

Dari tangan tersangka, aparat Ditnarkoba Polda NTT juga mengamankan satu pake sabu-sabu yang disimpan di dalam bungkus rokok Marlboro Ice Blast, dua buah telepon genggam masing-masing merk Samsung S7 warna kuning emas dan merk Samsung Dous warna biru, tiga pipet plastik, satu buah pipet kaca yang dibungkus pakai tisu, dan satu buah alat timbang digital.

Dalam konfrensi pers yang digelar di lantai I, Mapolda NTT Rabu (19/4) pukul 11.00, Ditnarkoba Polda NTT, Kombes Pol.Turman S.Siregar didampingi Kabid Humas Polda NTT Jules Abast tegaskan pengungkapan jaringan narkotika di Bajawa, Kabupaten Ngada berawal dari pengaduan masyarakat pada 11 April bahwa akan ada transaksi narkotika jenis sabu-sabu golongan satu bukan tanaman di Bajawa. Saat itu, ungkap Turman, pihaknya langsung menerjunkan tim I Ditnarkoba Polda NTT.

“Saat diamankan, Vekki Subun tidak bisa mengelak. Dari tangannya, kita amankan satu paket sabu-sabu. Saat kita geledah, kita temukan sabu-sabu tersebut yang diselipkan tersangka di dalam bungkus rokok Marlboro Ice Blast. Saat diinterogasi anggota kita, dia mengaku mendapatkan sabu-sabu itu dari seseorang berinisial TW di Surabaya,” sebut Dirnarkoba Polda NTT ini.

Masih menurut dia, penggeledahan juga dilakukan di dalam kamar milik tersangka dan ditemukan alat isap serta satu buah alat timbangan digital. “Sabu-sabu yang kita amankan dari tersangka Vekki Subun, sudah berkurang karena sudah digunakan sebagian. Berat awal sabu-sabu tersebut yakni 1.5 gram. Sesuai pengakuan dia (Vekki Subun, red), sabu-sabu tersebut didapat dari seseorang berinisial TW yang saat ini sudah berstatus DPO. Oleh TW, sabu-sabu itu dibawa dari Surabaya melalui penerbangan domestik dan turun di Ende. Dari Ende, tersangka Vekki Subun kemudian menjemput sabu-sabu itu dan dibawa ke Bajawa,” tegas Turman.

Kuat dugaan, sebut dia, tersangka Vekky Subun selain sebagai pengguna juga sebagai pengedar. Pasalnya, ditemukan satu buah timbang digital. “Dari hasil tes urine di RS Polisi Bhayangkara Kupang, tersangka Vekky Subun positif menggunakan sabu-sabu. Tersangka juga mengaku sudah dua kali menggunakan sabu-sabu. Tapi saat ini kita masih fokus lakukan pengembangan untuk mengungkap jaringannya,” pungkas Dirnarkoba Polda NTT.(gat)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!