Polresta Amankan 535 Liter Sopi – Timor Express

Timor Express

HUKUM

Polresta Amankan 535 Liter Sopi

DIAMANKAN. Aparat Polres Kupang Kota melalui pihak KP3 Laut ketika mengamankan sejumlah jeriken berisikan miras lokal jenis sopi dari atas KM Sabuk Nusantara 49 di Pelabuhan Tenau, Kupang, Selasa (18/4).

IST

Hasil Operasi Semana Santa di Pelabuhan Tenau

KUPANG, TIMEX– Jelang perayaan Paskah pekan kemarin, jajaran Polres Kupang Kota melakukan operasi Semana Santa di Pelabuhan Tenau, Kecamatan Alak, Kota Kupang. Sasaran dari operasi Semana Santa waktu itu yakni para penumpang kapal penyeberangan Kiser, Ambon- Kupang, KM Sabuk Nusantara 49.

Dari operasi yang digelar Selasa (18/4) sekira pukul 03.00 dini hari, aparat kepolisian KP3 Laut berhasil mengamankan 535 liter minuman keras (miras) lokal jenis sopi yang dipasok oleh pemiliknya dari Kiser ke Kota Kupang. Meski barang bukti (BB) miras sebanyak 535 liter itu berhasil diamankan, namun pemiliknya tidak ditemukan.

Pasalnya, pemilik seluruh miras melarikan diri dan tak diketahui para anak buah kapal (ABK) KM Sabuk Nusantara 49, termasuk para penumpang tak ada yang mau mengaku. Oleh karena itu maka BB miras yang diisi dalam jeriken itu langsung diamankan di Mapolres Kupang Kota untuk proses pemusnahan.

Kapolres Kupang Kota, AKBP Anthon CH Nugroho kepada Timor Express, Kamis (20/4) menjelaskan operasi yang dilakukan oleh KP3 Laut saat itu dalam rangka operasi Semana Santa 2017 guna mencegah peredaran miras lokal di Kota Kupang.”Operasi Semana Santa malam itu dipimpin langsung Ipda Anas didampingi lima anggota KP3 Laut. Ketika dilakukan penggeledahan di atas KM Sabuk Nusantara 49 yang baru sandar di Pelabuhan Tenau Kupang setelah menempuh perjalanan dari Kiser, Ambon ke Kupang, anggota kita temukan sejumlah jeriken berisikan miras lokal jenis sopi,” ungkap sosok nomor satu di Mapolres Kupang Kota ini.

Miras lokal jenis sopi itu, tegas Anthon, sengaja ditinggal pemiliknya saat dilakukan penggeledahan di atas KM Sabuk Nusantara 49 oleh anggota KP3 Laut. “Miras lokal jenis sopi itu sebanyak 51 jeriken dengan rincian, tiga jeriken isi 35 liter, 10 jeriken isi 25 liter dan 38 jeriken isi 5 liter. Total keseluruhan miras lokal jenis sopi itu sebanyak 535 liiter. Anggota Kp3 Laut kita juga melakukan koordinasi dengan pihak kapal guna mengetahui pemilik BB miras tersebut. Namun,pihak kapal juga tidak tahu siapa sebenarnya pemilik BB miras lokal jenis sopi itu,” ucap Kapolres Kupang Kota.

Masih menurut dia, pemasokan miras lokal jenis sopi dari Kiser, Ambon tujuan Kupang sering dilakukan sejumlah oknum masyarakat dengan memanfaatkan kelengahan petugas. ” Operasi rutin ini kita lakukan untuk mencegah peredaran miras di Kota Kupang. Dan sejumlah angka kriminalitas yang sering terjadi di wilayah Kota Kupang, salah satu faktor pemicunya yakni miras. Oleh karena itu maka ke depan, kita akan terus gencar membasmi peredaran miras yang semakin marak terjadi,” pungkas Anthon CH. Nugroho.(gat)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!