Bidan Harus Update Ilmu – TIMOREXPRESS.COM

TIMOREXPRESS.COM

KESEHATAN

Bidan Harus Update Ilmu

POSE BERSAMA. Para anggota Ikatan Bidan Indoensia (IBI) cabang Kupang berpose bersama seuai kegiatan pelatihan Midwifery Update yang digelar di rumah jabatan Sekda Kota Kupang, Minggu (30/4).

Fenti Anin/Timex

KUPANG, TIMEX – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Kupang menggelar pelatihan Midwifery Update yang digelar di rumah jabatan Sekda Kota Kupang selama tiga hari, yakni 28-30 April. Kegiatan ini diikuti bidan di Puskesmas se-Kota Kupang, RS S. K. Lerik, RS Bhayangkara dan RS Leona.

Ketua IBI Kota Kupang Gilda Saina menjelaskan pembangunan kesehatan merupakan bagian internal dari pembangunan nasional. Tujuannya mewujudkan derajat kesehatan yang optimal.

Masih tingginya angka kematian ibu dan bayi berkaitan dengan sumber daya manusia kesehatan. Berdasarkan hasil Riskesdas tahun 2013 bidan merupakan tenaga kesehatan yang paling berperan (87,8%) dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu hamil. Dan fasilitas kesehatan yang banyak dimanfaatkan ibu hamil adalah bidan praktik (52,5%). Dengan demikian, bidan merupakan salah satu tenaga kesehatan yang memiliki peran dalam penurunan AKI dan AKB dan menyiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas.
Midwifry Update diadakan dalam rangka menjaga mutu serta meningkatkan keterampilan dan kompetensi bidan, sehingga dapat memberikan pelayanan berkualitas terhadap kesehatan ibu, bayi, balita dan kesehatan reproduksi termasuk pelayanan keluarga berencana.

Tujuan diadakan kegiatan Midwifry Update yaitu diharapkan peserta mampu mengetahui perkembangan terkini profesi bidan, mampu mengetahui perekembangan terkini tentang perkembangan kebijakan terkait kebijakan profesi bidan. Serta mengerti etikolegal dalam pelayanan bidan, memahami updating pelayanan antenatal terintegrasi, mengerti updating asuhan persalinan normal, memahami nifas dan kontrasepsi, memahami asuhan bayi baru lahir, dan dapat memahami stimulasi deteksi intervensi dini tumbuh kembang neonates, bayi dan balita.

Wakil Ketua Panitia pelaksana Patrisia To menjelaskan bahwa kegiatan Midwifery update dapat menambah pengetahuan dalam bidang kebidanan karena membahas tentang perkembangan terkini tentang ilmu kebidanan, sehingga para bidan se-Kota Kupang selalu update dan tetap mengikuti perkembangan ilmu. (mg25/sam)

Click to comment

Most Popular

To Top