Prajurit TNI AL dan AL Brazil Tangkap Kapal Pembawa Senjata Illegal – Timor Express

Timor Express

INTERNASIONAL

Prajurit TNI AL dan AL Brazil Tangkap Kapal Pembawa Senjata Illegal

TANGKAP. kapal perang Indonesia menghadang kapal pembawa senjata ilegal di Lebanon

NET

LEBANON, TIMEX-Prajurit KRI Bung Tomo-357 yang menjadi Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I/UNIFIL terus meningkatkan ketrampilannya dengan menggelar latihan bersama berupa Latihan VBSS (Visit, Board, Search and Seizure) dengan kapal perang Brasil BRS UNIAO F-45, Jumat (28/4/2017) lalu.

VBSS merupakan tindakan atau aksi yang dilakukan oleh pihak berwenang di laut, dalam hal ini TNI Angkatan Laut maupun pihak berwenang yang lain untuk memeriksa dan menguasai kapal kapal yang dicurigai melakukan tindakan ilegal atau dicurigai membawa barang-barang ilegal.

Dalam latihan VBSS ini, KRI Bung Tomo-357 menerjunkan 1 (satu) tim VBSS terdiri dari 9 orang untuk melaksanakan boarding party dan naik ke kapal perang Brasil. Sementara BRS UNIAO juga menurunkan 1 (satu) tim VBSS berjumlah 12 orang untuk on board di KRI Bung Tomo.

Latihan yang berlangsung selama kurang lebih 45 menit ini diawali dengan briefing tim VBSS di kapal. Kemudian masing masing tim bergerak menuju kapal sasaran dengan menggunakan sekoci karet RHIB.

Skenario dalam latihan bersama ini adalah berdasarkan laporan intelijen yang akurat bahwa ada kapal yang dicurigai membawa barang ilegal sehingga kapal perang yang sedang berpatroli ini mengirim tim dan ditugaskan untuk boarding guna melaksanakan inspeksi untuk mencari barang barang ilegal di kapal tersebut.

Tim VBSS KRI Bung Tomo-357 menunjukkan profesionalismenya dengan melaksanakan gerakan taktis melaksanakan komunikasi dengan awak kapal dan melakukan mekanisme pemeriksaan ruangan di kapal yang dicurigai sehingga berhasil menemukan simulasi barang/senjata ilegal di BRS UNIAO dengan sigap.

Dalam evaluasi latihan, disampaikan bahwa secara umum keseluruhan tahapan boarding party yang didahului dengan melakukan pemeriksaan kepada personel yang terlibat, sudah sesuai dengan prosedur yang ditentukan.

Latihan berakhir dengan baik dan sukses sesuai perencanaan. Latihan ditutup dengan melaksanakan foto bersama Tim VBSS KRI Bung Tomo di geladak BRS Uniao.

Demikian pula tim VBSS BRS UNIAO telah menunjukkan kemampuan dan profesionalismenya dan akhirnya berhasil menemukan barang barang yang disimulasikan ilegal yang disimpan di salah satu ruangan tersembunyi di KRI Bung Tomo. Sebelum latihan berakhir, tim VBSS BRS Uniao berfoto bersama di geladak heli KRI Bung Tomo-357.(jpnn/lok)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!