Karang Taruna Berperan Majukan Pembangunan – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Karang Taruna Berperan Majukan Pembangunan

BIMTEK. Asisten I Setda Kota Kupang, Yos Rera Beka didampingi Kadis Sosial, Felisberto Amaral saat menyerahkan alat tulis kepada salah satu peserta Bimtek di Balai Dikmas NTT, Rabu (10/5).

IMRAN LIARIAN/TIMEX

Bimtek Karang Taruna se-Kota Kupang

KUPANG, TIMEX – Karang Taruna di tingkat kelurahan sangat penting, sebab sangat membantu kegiatan-kegiatan di tingkat kelurahan.
Hal ini dikatakan Asisten I Setda Kota Kupang, Yos Rera Beka saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pelaksanaan tugas dan fungsi bagi pengurus Karang Taruna se-Kota Kupang, yang digelar Dinas Sosial Kota Kupang di aula Balai Dikmas, Rabu (10/5).

Ia iai member apresiasi terhadap kegiatan ini karena sebagai langkah yang strategis untuk melibatkan pemuda di 51 kelurahan dalam berbagai kegiatan pembangunan. Dengan demikian, posisi Karang Taruna di tingkat kelurahan semakin strategis. “Dengam posisi Karang Taruna tersebut saya rasa kelurahan tinggal lakukan koordinasi saja, sebab semangat anak muda sangat luar biasa,” kata Yos.

Lebih lanjut, ia mengatakan para lurah harus mampu menggandeng Karang Taruna. Ketika itu dilakukan, maka persoalan kemasyarakatan dapat teratasi secara baik. Bahkan kesejahteraan di masyarkat dapat tercapai.

Menurutnya, Karang Taruna merupakan pioneer pembangunan di tingkat kelurahan. Untuk itu hal-hal positif yang dibuat Karang Taruna dalam bentuk apapun kegiatannya di tingkat kelurahan harus di dukung. Sebab kesuksesan pembangunan dan kesejahteraan di tingkat kelurahan bukan saja tergantung dari seorang lurah dan stafnya, tapi dukungan dari semua komponen yang ada di kelurahan, termasuk di dalamnya adalah Karang Taruna.

Lebih lanjut, dikatakan, ketika melihat persoalan yang terjadi di Kota Kupang, generasi muda sangat berperan. Oleh karena itu, sangat penting membangun koordinasi dan komunikasi secara baik dengan kawula muda yang tergabung dalam Karang Taruna.

Oleh karena itu, melalui Bimtek Karang Taruna dapat membawa dampak yang baik bagi kota ini ke depan.
Ketua Panitia Pelaksana, Noldy Lololau mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan ini bertujuan sebagai sarana penanaman pengertian dalam memupuk serta meningkatkan kesadaran dan tanggungjawab Karang Taruna yang ada di Kota Kupang. Selain itu juga memberikan pemahaman bagi para anggota Karang Taruna tentang ruang lingkup organisasi Karang Taruna, yang mendukung pembangunan nasional, khususnya membangun kesejahteraan sosial di Kota Kupang. Juga menambah wawasan agar generasi muda bisa melihat dan menemukan peluang usaha bagi dirinya sendiri dalam menciptakan lapangan kerja.

Dikatakan, kegiatan ini diikuti 102 orang, dengan rincian tiap Karang Taruna mengurus dua peserta. Dalam kegiatan ini para peserta akan mendapat penyajian materi dari tiga narasumber yakni Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Kupang dan Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT.

Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Felisberto Amaral mengatakan kegiatan bimtek yang dilakukan ini dalam rangka memberikan pemahaman dan wawasan kepada pengurus Karang Taruna sesuai Permensos Nomor 77 Tahun 2010. Dengan demikian, para aktivis Karang Taruna bisa tahu persis fungsi dan peran mereka di tengah masyarakat.
Menurutnya, pemuda yang ada di tingkat kelurahan harus diberdayakan. Namun bagaimana mereka mau memberdayakan diri jika belum mendalami betul fungsi dan tugas mereka. Oleh karena itu, kegiatan bimtek sebagai langkah memberikan pemahaman bagi Karang Taruna.

Dalam kegiatan, pemerintah memberikan bantuan bagi setiap Karang Taruna berupa uang operasional senilai Rp 6 juta untuk setiap Karang Taruna. Dengan demikian, mereka dapat melakukan berbagai kegiatan di kelurahannya masing-masing. (mg25/sam)

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!