Bupati Konsultasi Pergantian Sekda TTS – TIMOREXPRESS.COM

TIMOREXPRESS.COM

RAKYAT TIMOR

Bupati Konsultasi Pergantian Sekda TTS

SOE, TIMEX – Hingga saat ini, belum ada petunjuk dari pemerintah provinsi (pemprov) terkait penunjukan pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) TTS. Padahal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) TTS telah mengusulkan tiga nama ke pemprov untuk ditetapkan sebagai Plt Sekda TTS.

Karena belum ada petunjuk, hari ini, Selasa (16/5), Bupati TTS, Paulus VR Mella berencana menghadap Biro Kepegawaian Provinsi NTT guna meminta petunjuk terhadap penunjukan Plt Sekda TTS.

Tiga nama yang telah diusulkan Pemkab TTS ke Pemprov yakni Maxi Oematan, Epy Tahun dan Marthen Selan.
Bupati TTS, Paulus Mella kepada wartawan, Senin (15/5) menegaskan, untuk memperlancar pelaksanaan tugas seorang sekda, maka seharusnya Plt Sekda segera ditentukan oleh Pemerintah Provinsi NTT. Karena jika terlambat, maka akan berdampak pada pelaksanaan pembangunan di daerah.

Karena itu, ia berinisiatif untuk mendatangi Pemerintah Provinsi NTT untuk mempertanyakan sejauhmana tindak lanjut Plt Sekda TTS yang diusulkan pihaknya.
“Kalau tunjuk terlambat tentu akan berdampak pada pelaksanaan pembangunan. Kalau saya pergi dan sudah ada rekomendasi, maka saya pulang akan langsung keluarkan SK Plt Sekda,” kata Paulus.

Selain tindak lanjut penunjukan Plt Sekda TTS, Paulus Mella berencana berkonsultasi terkait pergantian Sekda TTS definitif. Untuk itu, selain akan berkonsultasi ke Biro Kepegawaian Provinsi NTT, pihaknya juga berencana berkonsultasi ke Komisi ASN.
“Yang mau kami konsultasikan ke ASN dan Biro Kepegawaian Provinsi NTT itu adalah apakah kami tunggu harus ada putusan tetap dulu dari Pengadilan Tipikor atau sudah bisa berproses untuk ganti,” terang Paulus.

Sekda TTS, Salmun Tabun telah dinonaktifkan dari jabatannya setelah Pemkab TTS mendapat surat tembusan penahanan dari Kejari TTS. Untuk itu, jabatan Sekda TTS saat ini lowong, sehingga Bupati TTS mengusulkan tiga asisten ke pemerintah provinsi agar menunjuk salah satu dari tiga nama yang diusulkan guna menjalankan tugas sekda untuk sementara waktu sambil menunggu proses sekda definitif.

“Saya sudah minta BKD untuk mempersiapkan regulasi yang berkaitan dengan pergantian sekda. Karena katanya ada aturan baru terkait pergantian sekda. Katanya kalau sudah lima tahun menjabat sekda, bisa berproses sudah untuk ganti. Jadi saya minta BKD untuk persiapkan aturan-aturan itu supaya waktu saya mau konsultasi bisa merujuk pada aturan yang ada,” tandasnya. (yop/ays)

Click to comment

Most Popular

To Top